Misriani, Agita and Arono, Arono and Didi, Yulistio (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MEMIRSA BERBASIS E-LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MEMIRSA KRITIS MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS AGITA MISRIANI - agita misriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar keterampilan
memirsa berbasis E-Learning. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan
dengan model penelitian pengembangan ADDIE. Sampel penelitian terdiri atas
98 mahasiswa dari 188 populasi yang berasal dari Program Studi Tadris Bahasa
Indonesia IAIN Curup, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP
Universitas Bengkulu, dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inodnesia
Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang diambil secara acak. Hasil
Pengembangan bahan ajar dilakukan melalui analisis CPL yang digunakan dalam
keterampilan memirsa, lalu merancang produk dan melakukan pengembangan
produk dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian menunjukkan bahwa
sekitar 7% mahasiswa menyatakan cukup setuju, 10 siswa atau sekitar 33%
menyatakan setuju, dan 18 siswa atau sekitar 60% siswa menyatakan sangat setuju
bahwa penggunaan bahan ajar memirsa dalam pembelajaran akan meningkatkan
proses dan pembelajaran. Efektivitas pembelajaran dari hasil analisis uji
normalitas yakni Sig. (2- tailed) sebesar 0.012 atau dapat ditulis sebagai nilai
probabilitas (p-value) = 0,100 > 0,05 atau H0 diterima atau bahan ajar efektif
untuk digunakan. Simpulan hasil penelitian 1) Berdasarkan analisis kebutuhan
materi memirsa saat ini, diperlukannya materi pembelajaran berupa bahan ajar
berbasis E-Learning. 2) Pengembangan bahan ajar berbasis E-Learning dalam
pembelajaran memirsa berbasis E-Learning dilakukan melalui tahapan analisis,
rancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. 3) Produk dikembangkan
telah melalui proses validasi ahli bidang pembelajaran memirsa kritis, teknologi
dalam pembelajaran dan pengembangan bahan ajar terbukti efektif dalam
meningkatkan keterampilan memirsa kritis. 4) Pengguna bahan ajar memberikan
penilaian positif terhadap aspek kebermanfaatan bahan ajar digital pembelajaran
memirsa kritis. 5) Penggunaan bahan ajar memberikan pengaruh terhadap nilai
rata-rata memirsa kritis. Saran untuk penelitian selanjutnya direkomendasikan
mengembangkan varibael lain yang diinginkan sesuai dengan perkembangan
kurikulum untuk memenuhi unsur kepraktisan serta adanya dukungan teknis yang
baik untuk meningkatkan efektivitas bahan ajar berbasis E-Learning yang
mencakup dari perencanaan hingga pengembangan produk.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Keterampilan Memirsa, E-Learning, Memirsa Kritis.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:57 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23597 |