Yulianti, Eka and Johanes, Sapri and Didi, Yulistio (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS ESAI BERBASIS PEDAGOGI GENRE. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILE 6 mb - Ekaa Y. Saleem.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar menulis esai,
mendesain produk bahan ajar menulis esai yang sesuai dengan analisis kebutuhan,
menguji kelayakan, dan menguji efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode
campuran, yakni metode kualitatif dan kuantitatif dengan model penelitian
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and
Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan angket. Instrumen pada penelitian ini berupa kuesioner
dan rubrik penilaian. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dengan jumlah responden 150
mahasiswa yang mengisi angket analisis kebutuhan, 5 mahasiswa pada uji coba
terbatas, dan 20 mahasiswa pada uji coba luas. Teknik analisis data menggunakan
teknik analisis kuantitatif memakai skala lima, kemudian diinterpretasikan secara
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar menulis
esai berbasis pedagogi genre dibutuhkan dengan hasil persentase sebesar 60,16%.
Desain produk yang sesuai dengan kebutuhan meliputi rumusan tujuan, kebutuhan,
capaian pembelajaran, alat evaluasi, dan desain handout. Adapun desain handput
terdiri dari 8, di antaranya handout 1 berisi materi lengkap tentang materi menulis
esai, handout 2 berisi tentang penerapan model pedagogi genre dalam pembelajaran
menulis esai, handout 3-8 berisi tentang 6 genre esai yakni esai deskriptif, esai tajuk,
esai cukilan watak, esai pribadi, esai reflektif, dan esai kritik. Uji kelayakan produk
bahan ajar dinyatakan layak dengan nilai persentase sebesar 88,3%. Produk bahan
ajar juga dinyatakan efektif dengan rerata persentase peningkatan sebesar 81,45%
Kata kunci : menulis, esai, akademik, pedagogi, genre.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:57 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23603 |