Marista, Dhelfi and Agus, Trianto and Arono, Arono (2025) PEMAHAMAN GURU-GURU SMP NEGERI KOTA BENGKULU TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Dhelfi Marista 1 - Dhelfi Marista.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman guru bahasa
Indonesia SMP Negeri Kota Bengkulu terhadap capaian pembelajaran
bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei, sasaran dalam
penelitian ini guru bahasa Indonesia SMP Negeri Kota Bengkulu. Data
dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi, kemudian dianalisis
dengan statistik deskriptif. Temuan menunjukkan sebagian besar guru
sudah cukup memahami capaian pembelajaran dengan baik. Namun,
terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu: guru kesulitan
mengaitkan tujuan mata pelajaran dengan kegiatan pembelajaran
sebanyak 39,1%, guru ragu menggunakan berbagai tipe teks sebanyak
13%, guru kesulitan menerapkan pendekatan berbasis genre sebanyak
39,1%, guru kekurangan sumber bahan ajar untuk Fase D sebanyak
56,5%, guru ragu menentukan bahan ajar tepat sebanyak 8,7%, guru
ragu menyusun asesmen berbasis literasi sebanyak 13%, guru
kesulitan memahami CP Kurikulum Merdeka edisi 2022 sebanyak
8,7%, guru belum mengetahui model utama pembelajaran sebanyak
30,45%, dan guru belum memiliki dokumen CP Bahasa Indonesia
sebanyak 13% .
Kata kunci: Pemahaman guru, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:23 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23609 |