PENGEMBANGAN E-MODUL PENGARUH PEMBERIAN PAKAN CACING TANAH (Lumbricus rubellus) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN IKAN JELAWAT (Leptobarbus hoevenii) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Suprihatin, Diah and Aceng, Ruyani and Sutarno, Sutarno (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PENGARUH PEMBERIAN PAKAN CACING TANAH (Lumbricus rubellus) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN IKAN JELAWAT (Leptobarbus hoevenii) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
Diah Suprihatin_A2L022006 - Diah Suprihatin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa E-
modul Pertumbuhan Ikan Jelawat pada konteks pengaruh pemberian pakan L.
rubellus terhadap pertumbuhan L. hoevenii. Jenis Penelitian ini adalah penelitian
dan pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model
4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan),
Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian
eksperimen dilakukan dengan 4 perlakuan yaitu P1 (pelet 100%), P2 (pelet 25% +
L. rubellus 75%), P3 (pelet 50% + L. rubellus 50%), dan P4 (pelet 75% + L. rubellus
25%) yang dilaksanakan selama 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pemberian L. rubellus memberikan pengaruh nyata terhadap pertambahan bobot,
panjang dan lebar L. hoevenii. Pertumbuhan terbaik diperoleh pada perlakuan P2
pelet 25% + L. rubellus 75%, (1) Bobot L. hoevenii selama penelitian mencapai
(16,4g), (2) Panjang L. hoevenii (96mm), dan (3) Lebar L. hoevenii (18,28mm).
Berdasarkan hasil eksperimen selanjutnya dikembangkan bahan ajar berupa E-
modul pertumbuhan ikan jelawat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
siswa. Kemudian E-modul divalidasi oleh 3 validator ahli untuk menguji kelayakan
E-modul. Berdasarkan hasil validasi E-modul yang dikembangkan didapatkan
kategori sangat valid atau layak digunakan dengan skor rata-rata 96,29%. Artinya
E-modul layak digunakan dalam pembelajaran pada materi pertumbuhan dan
perkembangan makhluk hidup (hewan). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif
peserta didik dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest. Kemudian dianalisis dengan
uji N-gain, dan diperoleh nilai N-gain score yaitu sebesar 0,56 pada kelas kontrol
dengan kategori sedang dan 0,71 pada kelas eksperimen dengan kategori tinggi.
Indikator tertinggi pada kelas kontrol yaitu Fluency sebesar 70 sedangkan indikator
terkecil yaitu flexibility sebesar 47. Indikator tertinggi pada kelas eksperimen yaitu
Fluency sebesar 90 sedangkan indikator terkecil yaitu flexibility sebesar 81,1.
Kata Kunci: Pertumbuhan Ikan, L. hoevenni, L. rubellus, Pellet, Kemampuan
Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:53
Last Modified: 04 Jun 2025 02:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23612

Actions (login required)

View Item
View Item