RISKA, DARA and Afrizal, Mayub and Bhakti, Karyadi (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI ETNOSAINS ALAT MUSIK DOL PADA MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS DARA RISKA (A2L020020) LENGKAP - Dara Riska.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran IPA berorientasi
etnosains alat musik dol pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis peserta didik di SMPN 2 Kota Bengkulu. Etnosains yang dipilih adalah alat
musik dol yang erat kaitannya dengan kebudayaan di Bengkulu dengan menganalisis
frekuensi dan amplitudo yang dihasilkan oleh alat musik dol. Metode penelitian yang
digunakan adalah R&D dengan model ADDIE yaitu Analisis (analysis), Perancangan
(design), Pengembangan (developmen), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi
(evaluation).Penelitian dilakukan pada 33 siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu
dengan menggunakan metode one group pretest-posttest design berupa test awal dan test
akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Frekuensi dan amplitudo pada alat-alat
perkusi musik dol menunjukkan variasi berdasarkan ukuran diameter. Frekuensi
berbanding tebalik dengan amplitudo dan diameter musik dol. Semakin besar diameter
alat musik dol maka amplitudo yang dihasilkan semakin besar dan frekuensi akan
semakin kecil. 2) E-modul yang dikembangkan berdasarkan aspek kegrafisan, aspek
media, aspek kelayakan bahasa, aspek kelayakan penyajian, dan aspek kelayakan isi
dinyatakan layak oleh validasi ahli dan praktisi sebesar 88.83%. 3) Terdapat peningkatan
kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan e-modul etnosains
gelombang bunyi dengan N-gain sebesar 0.6453 dalam kategori sedang dan terdapat
perbedaan yang signifikan dengan Thitung 0.000 lebih kecil dari pada 0.05, serta respon
peserta didik terhadap e-modul sangat baik sebsar 90.79%.
Kata kunci: e-modul, etnosains, alat musik dol, gelombang bunyi, berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:53 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23614 |