HANDAYANI, ELDA and Afrizal, Mayub and Sutarno, Sutarno (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MITIGASI BENCANA BANJIR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMPN KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS SIDANG Elda Handayani (PERPUS UNIB) - Elda Handayani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul mitigasi bencana banjir
untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa SMPN Kota Bengkulu. Metode
penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4D yaitu define
(pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate
(desiminasi). Subjek penelitian pada uji coba lapangan produk e-modul adalah 30
siswa kelas VII SMPN 2 Kota Bengkulu dengan menggunakan metode one group
pre-test-post-test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Bancana banjir
yang terjadi di Kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Serut disebabkan oleh
kondisi meteorologi dan topografi. 2) Kelayakan e-modul mitigasi bencana banjir
yang dinilai dari hasil uji validasi ahli secara keseluruhan memperoleh rata-rata
persentase sebesar 92.86% dalam kriteria sangat layak. 3) Adanya peningkatan
literasi lingkungan siswa sebelum dan setelah siswa mengikuti pembelajaran
dengan e-modul mitigasi bencana banjir, hal ini dilihat dari hasil N-Gain literasi
lingkungan keseluruhan sebesar 0.6 dalam kriteria peningkatan sedang. Selain itu
diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, artinya ada peningkatan rata-rata
hasil literasi lingkungan yang signifikan sebelum dan setelah penggunaan e-modul
mitigasi bencana banjir. 4) Repon siswa terhadap e-modul dinilai berdasarkan 3
aspek, yaitu pada aspek tampilan, penyajian materi, dan kebermanfaatan, diperoleh
rata-rata sebesar 89.95% dalam kriteria sangat baik. Dari hasil respon siswa
terhadap e-modul ini dapat dilihat bahwa siswa dapat menerima e-modul mitigasi
bencana banjir untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa ini dengan sangat
baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa e-modul mitigasi bencana banjir yang
dikembangkan ini dapat meningkatkan literasi lingkungan siswa.
Kata kunci: e-modul, mitigasi bencana banjir, literasi lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:53 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23616 |