ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AGROWISATA (Studi Kasus: Di Kampoeng Durian, Desa Datar Lebar Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah)

Iqbal, Muhammad and Redi, Badrudin and Reflis, Reflis (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AGROWISATA (Studi Kasus: Di Kampoeng Durian, Desa Datar Lebar Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
FORMAT GAMBAR FAKULTAS SKRIPSI MUHAMMAD IQBAL E1D019069 - Muhammad Iqbal.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis tingkat kepuasan pengunjung terhadap
kualitas pelayanan Agrowisata Kampoeng Durian, 2) Analisis atribut-atribut kualitas
pelayanan yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi.
Penelitian dilaksanakan pada Agrowisata Kampoeng Durian di Desa Datar Lebar
Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah dimana penentuan lokasi
penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Penelitian ini telah dilaksanakan pada
bulan mei hingga juni 2023. Responden pada penelitian ini adalah pengunjung yang
sedang berkunjung di Agrowisata Kampoeng Durian, serta berusia antara 17 - 65 tahun.
Adapun untuk menentukan jumlah responden digunakan rumus linear time function,
didapatkan sebanyak 96 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis Customer Satisfaction Index (CSI)
dan Potential Gain in Customer Value (PGCV).
Hasil penelitian menunjukkan total nilai Customer Satisfaction Index (CSI) secara
keseluruhan indeksnya adalah 81,87% yang termasuk kedalam kategori sangat puas dan
hasil Potential Gain in Customer Value (PGCV) didapatkan atribut prioritas perbaikan
yaitu kemudahan akses jalan agrowisata dengan indeks sebesar 5,022.
Kata Kunci : Agrowisata, Kepuasan Pengunjung, Kualitas Pelayanan, Customer
Satisfaction Index (CSI), Potential Gain in Customer Value (PGCV).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 10 Jul 2025 01:40
Last Modified: 10 Jul 2025 01:40
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23712

Actions (login required)

View Item
View Item