ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN FAKTORFAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PEMPEK “OWEN” DI KOTA BENGKULU

Simanjuntak, Yoel Apriandi and M Mustopa, Romdhon and Nyayu, Neti Arianti (2023) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN FAKTORFAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PEMPEK “OWEN” DI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI YOEL APRIANDI SIMANJUNTAK (CETAK SKRIPSI) - Yoel Apriandi Simanjuntak.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Indonesia dikenal dengan negara yang memiliki keanekaragaman jenis kuliner yang
bisa dikembangkan. Keanekaragaman jenis kuliner ini menunjukkan bahwa Indonesia
mempunyai potensi pada bisnis kuliner yang merupakan makanan khas dan keistimewaan
dari daerah-daerah di Indonesia. Pempek “Owen” merupakan salah satu makanan tradisional
yang ada di Kota Bengkulu. Pempek “Owen” merupakan makanan khas Palembang yang
berasal dari Kota Lubuk Linggau. Pempek “Owen” di Kota Bengkulu berdiri sejak tahun
2016. Persaingan membuat pelaku usaha sangat teliti dan hati-hati dalam menetapkan
bauran pemasaran (marketing mix) yang tersusun atas 4P atau biasa disebut product
(produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Strategi bauran pemasaran
yang baik akan mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Faktor
penentu keputusan pembelian merupakan sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan
konsumen untuk memutuskan melakukan pembelian produk. Sehingga variabel bauran
pemasaran tersebut akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian
konsumen di pempek “Owen” yang nantinya akan berimbas pada peningkatan volume
penjualan.
Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di usaha pempek
“Owen” Kota Bengkulu dengan pertimbangan usaha pempek “Owen” Kota Bengkulu
merupakan salah satu dari keempat cabang usaha milik pempek “Owen” yang ada di Kota
Lubuk Linggau dan sudah tersebar di beberapa daerah. Waktu penelitian dilaksanakan pada
bulan Juli-Agustus 2022. Metode penentuan responden digunakan metode accidental
sampling. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan rumus virtucio, sehingga
jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Jenis data
yang digunakan yaitu data sekinder dan data primer. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis deskriptif untuk menggambarkan bagaimana implementasi bauran pemasaran dan
analisis pengambilan keputusan pembelian. Dan faktor penentu keputusan pembelian akan
dianalisis dengan menggunakan analisis Principal Component Analysis (PCA).
Penilaian konsumen terhadap implementasi konsep bauran pemasaran yang sudah ada
di lokasi usaha penjualan pempek “Owen” sudah baik sehingga dapat memenuhi keinginan
konsumen dengan memberikan kualitas produk yang baik, harga produk yang terjangkau
dan distribusi atau tempat penjualan yang sudah dinilai baik, namun masih terdapat kegiatan
promosi yang masih kurang baik sehingga dinilai masih perlu terus meningkatkan kegiatan
promosi agar informasi yang ada di pempek “Owen” dapat sampai kepada konsumen.
Selanjutnya dalam proses pengambilan keputusan pembelian konsumen cukup perlu
melakukan tahapan-tahapan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian di pempek
“Owen”. Faktor-faktor penentu keputusan konsumen dalam pembelian pempek “Owen” di
kota Bengkulu dipengaruhi oleh dua komponen, diantaranya adalah PCA1 yang terdiri dari
komponen produk dan promosi, serta PCA2 yang terdiri dari komponen harga.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Proses Pengambilan Keputusan, Faktor Penentu Keputusan
Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:52
Last Modified: 10 Jul 2025 03:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23722

Actions (login required)

View Item
View Item