Asdhion, Alessandro and Redi, Badrudin and Agung, Tri Susilo (2023) PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK YAKULT DI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_Alessandro Asdhion_E1D019043 - alessandro asdhion.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis citra merek, kualitas produk dan harga
terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pada produk Yakult. Kota
Bengkulu merupakan wilayah terpadat serta menjadi pusat perekonomian di Provinsi
Bengkulu. Kepadatan penduduk tersebut berpengaruh terhadap pola hidup masyarakat,
yang dimana masyarakat perkotaan cenderung mempunyai pola hidup yang kurang baik
pada pola makan. Untuk mengimbangi pola makan tersebut perlu adanya konsumsi susu
fermentasi di sela-sela aktivitas yang padat. Dengan begitu berpotensi untuk
mengkonsumsi secara berulang minuman probiotik atau susu fermentasi produk Yakult.
Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive
sampling, teknik ini merupakan penentuan sampel dengan menetapkan karakteristik
tertentu yang sesuai dengan tujuan pada penelitian. Adapun untuk menentukan jumlah
responden digunakan rumus MOE, didapatkan sebanyak 96 responden. Jenis data yang
digunakan adalah data primer yang meliputi wawancara langsung menggunakan kuesioner
dengan konsumen Yakult, sedangkan data sekunder diperoleh dari pustaka dan instansiinstansi terkait yang berhubungan dengan penelitian ini.
Metode pengumpulan data yang digunakan dengan analisis deskriptif untuk
mencari interpretasi konsumen dan analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan
pendekatan PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek,
kualitas produk dan harga berturut-turut berada pada kategori sangat baik, sangat
berkualitas dan sangat terjangkau. Hasil analisis pengaruh langsung yang telah dilakukan
menyatakan bahwa tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Yakult. Sedangkan
pengaruh tidak langsung menyatakan bahwa citra merek, kualitas produk dan harga
terhadap loyalitas konsumen Yakult melalui kepuasan konsumen berpengaruh signifikan
dan positif. Hasil tersebut menyatakan bahwa kepuasan konsumen merupakan variabel
intervening yang membantu dalam meningkatkan loyalitas konsumen dan kepuasan
konsumen ini memiliki kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan pengaruh
langsung. Dengan demikian hasil tersebut menyatakan bahwa dalam upaya meningkatkan
loyalitas konsumen Yakult maka perlu adanya meningkatkan kepuasan konsumen terlebih
dahulu.
Kata kunci: Citra merek, kualitas produk, harga, loyalitas konsumen, kepuasan konsumen,
variabel intervening, SEM-PLS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:57 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23724 |