PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PjBL BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS IV SD

Dalifa, Dalifa and Endang, Widi Winarni and Nirwana, Nirwana (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PjBL BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS IV SD. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Disertasi] Archive (Disertasi)
DALIFA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - darti daryanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul tematik menggunakan model
Project-based Learning (PjBL) berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts,
Mathematics) dan menguji efektivitasnya dalam meningkatkan literasi sains dan kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD). Metode pengembangan yang
digunakan adalah model Borg & Gall. Instrumen penelitian menggunakan lembar analisis
dokumen, lembar analisis kebutuhan, lembar validasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan analisis dokumen, observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh melalui
lembar penilaian produk, hasil tes dan lembar angket dianalisis secara statistik kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan telah terbukti
memiliki tingkat kevalidan dan keefektifan yang tinggi dalam meningkatkan literasi sains dan
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD. Validitas materi dievaluasi dengan
menggunakan angka Aiken’s V, dengan rata-rata sebesar 0,90 (sangat valid), dan tingkat
kesepakatan validator sebesar 0,92% (hampir sempurna). Validitas bahasa dan desain juga
terbukti tinggi, dengan nilai Aiken’s V berturut-turut sebesar 0,91 (sangat valid) dan 0,88
(sangat valid), serta tingkat kesepakatan validator masing-masing sebesar 0,80% (hampir
sempurna) dan 0,73% (kuat). Berdasarkan hasil penghitungan gain skor, kelas eksperimen
mencapai 0,47 (sedang) dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 0,25
(rendah). Selain itu, uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi antara
kelompok kontrol dan eksperimen sebesar 0,000 (sig <0,05), menegaskan efektivitas
penggunaan E-Modul ini. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan
bahan ajar pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan literasi sains dan
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD.
Kata Kunci: E-Modul Tematik, PjBL, STEAM, Literasi Sains, Kemampuan Berpikir Tingkat
Tinggi, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Jul 2025 01:12
Last Modified: 16 Jul 2025 01:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23755

Actions (login required)

View Item
View Item