Lazuardi, Dian Ramadan and Arono, Arono and Syukri, Hamzah (2025) MODEL BAHAN AJAR MENULIS ESAI BERBASIS LITERASI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
DIAN RAHMADAN BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Dian Ramadan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar menulis esai berbasis
literasi informasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Metode
penelitian yang digunakan yaitu research and development (R & D) dengan model Borg
and Gall. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Populasi dan
sampel di dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester awal di Universitas PGRI
Silampari dengan jumlah mahasiswa sebanyak 60 orang. Kelas A terdiri dari 27 orang
yang akan dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas B terdiri dari 33 orang yang akan
dijadikan kelas eksperimen. Teknik analisis data di dalam penelitian ini berupa kualitatif
dan kuantitatif. Berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan bahan ajar menulis esai
berbasis literasi informasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
dikembangkan berdasarkan beberapa aspek yaitu: (1) aspek kebutuhan bahan ajar, (2)
aspek muatan materi menulis bahan ajar, (3) aspek desain bahan ajar, (4) apek literasi
informasi, dan (5) aspek berpikir kritis. Hasil validasi ahli desain dan pengembangan
bahan ajar, ahli bahasa, dan ahli materi bahan ajar menulis esai layak untuk digunakan.
Berdasarkan tabel output independent samples test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed)
adalah sebesar 0,000 < 0,05. Bahan ajar menulis esai efektif untuk digunakan. nilai rata-
rata kelas eksperimen meningkat setelah menggunakan bahan ajar menulis esai berbasis
literasi informasi. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada kelas kontrol di dalam
menulis esai berkategori cukup dengan perolehan skor rata-rata sebesar 52,24 %.
sementara itu, kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada kelas eksperimen di dalam
menulis esai meningkat berkategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar
89,29 %. Berdasarkan table uji R Square menunjukan bahwa bahan ajar menulis esai
berbasis literasi informasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa
sebesar 89,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainya. Saran bagi
dosen, bahan ajar menulis esai berbasis literasi informasi dapat dijadikan sebagai bahan
ajar penunjang dalam proses pembelajaran menulis esai dan bagi mahasiswa, bahan ajar
menulis esai berbasis literasi informasi dapat dijadikan sebagai sarana mencapai hasil
yang optimal di dalam pembelajaran, sehingga diharapkan dapat meningkatkan
kemampuan mahasiswa menulis esai dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci: Menulis esai, literasi informasi, dan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:12 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23756 |