E-MODUL KEANEKARAGAMAN HERPETOFAUNA DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MAHASISWA

Samitra, Dian and Endang, Widi Winarni and M.Lutfi, Firdaus (2025) E-MODUL KEANEKARAGAMAN HERPETOFAUNA DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Disertasi]
Preview
Archive (Disertasi)
DIAN SAMITRA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Dian Samitra.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan yaitu: (1) menghasilkan e-modul
keanekaragaman herpetofauna yang memiliki karakteristik pendekatan jelajah alam
sekitar, (2) menghasilkan e-modul keanekaragaman herpetofauna dengan
pendekatan jelajah alam sekitar yang layak untuk meningkatkan literasi sains
mahasiswa, (3) menghasilkan e-modul keanekaragaman herpetofauna dengan
pendekatan jelajah alam sekitar yang praktis untuk meningkatkan literasi sains
mahasiswa, (4) menghasilkan e-modul keanekaragaman herpetofauna dengan
pendekatan jelajah alam sekitar yang efektif untuk meningkatkan literasi sains
mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and
Development dengan menggunakan model Define, Design, Develop, dan
Disseminate (4D). Data kelayakan ahli materi dan media dianalisis secara
deskriptif. Data respon mahasiswa dianalisis secara deskriptif. Data efektivitas
modul menggunakan N-gain. Hasil analisis kelayakan ahli materi diperoleh
81,74%. Hasil analisis kelayakan ahli media diperoleh 92,70%. Mahasiswa
memberikan respon terhadap e-modul yang dikembangkan dengan persentase skor
96,30 %. Hasil analisis N-gain untuk literasi sains aspek konten sebesar 0,84, aspek
konteks sebesar 0,72, aspek sikap sebesar 0,43 dan keterampilan proses sains
sebesar 0,65. Dapat disimpulkan (1) e-modul yang dikembangkan memiliki
karakteritik yaitu komponen eksplorasi, konstruktivis, proses sains, learning
community, bioedutainment dan assessment dapat mengembangkan konten,
konteks, sikap dan keterampilan proses, (2) e-modul yang dikembangkan sangat
layak digunakan, (3) respon mahasiswa terhadap e-modul sangat baik, dan (4) e-
modul efektif meningkatkan literasi sains mahasiswa aspek konten, konteks, sikap
dan keterampilan proses.
Kata Kunci: Jelajah Alam Sekitar, E-Modul, Herpetofauna, Literasi Sains

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Jul 2025 01:12
Last Modified: 16 Jul 2025 01:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23757

Actions (login required)

View Item
View Item