Agusdianita, Neza and Sudarwan, Danim and Agus, Susanta (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
DISERTASI NEZA AGUSDIANITA_compressed-dikompresi (2) - Neza Agusdianita FKIP PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis PBL
terintegrasi pendekatan berdiferensiasi pada materi keliling dan luas bangun datar
untuk siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model
Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE).
Instrumen yang digunakan adalah angket kebutuhan, panduan wawancara, lembar
validasi, lembar tes hasil belajar. Aspek yang divalidasi meliputi kelayakan
materi, bahasa, dan media/kegrafikan. Validator (raters) yang dilibatkan untuk
memvalidasi berjumlah 6 orang yang terdiri dari pakar dan praktisi. Pada tahap
analysis dilakukan analisis kurikulum, analisis kebutuhan siswa dan kebutuhan
guru. Pada tahap Design yakni membuat peta bahan ajar, menentukan format dan
rancangan awal dari bahan a jar. Pada tahap development dihasilkan produk bahan
ajar dan analysis hasil validasi oleh pakar. Selanjutnya bahan ajar tersebut
diimplementasikan uji coba terbatas di SDN 09 Kota Bengkulu. Uji coba skala
luas di sekolah penggerak di kota Bengkulu yakni SDN 07 Kota Bengkulu, SDN
50 Kota Bengkulu, SDN 74 Kota Bengkulu. Hasil penelitian adalah diperoleh
bahan ajar berbasis PBL terintegrasi pendekatan berdiferensiasi pada materi
keliling dan luas bangun datar untuk siswa Kelas V Sekolah Dasar. Hasil uji
validitas diperoleh bahwa bahan ajar ini dinyatakan valid. Selanjutnya hasil uji
efektivitas menunjukkan bahwa bahan ajar ini efektif dalam meningkatkaan hasil
belajar siswa. dibuktikan dari hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan
bahan ajar ini. Simpulan dari penelitian ini bahan ajar berbasis PBL terintegrasi
pendekatan berdiferensiasi dinyatakan valid, reliabel dan efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Pembelajaran Berbasis PBL, Pendekatan
Berdiferensiasi, Matematika.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:20 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23759 |