MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BAGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGEFEKTIFKAN PILIHAN KARIER SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BENGKULU

Sinthia, Rita and Syukri, Hamzah and I. Wayan, Dharmayana (2025) MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BAGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGEFEKTIFKAN PILIHAN KARIER SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BENGKULU. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Disertasi] Archive (Disertasi)
FINAL DISERTASI - darti daryanti.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model bimbingan kelompok bagi guru
Bimbingan dan Konseling untuk mengefektifkan pilihan karier siswa DI Sekolah
Menengah Atas di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan research &
development (R&D). terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap 1 persiapan, tahap 2 validasi
model dan tahap 3 evaluasi model. Populasi penelitian berjumlah 1004 siswa.
Sampel penelitian berjumlah 31 siswa yang berasal dari SMA 2, SMA 5 & SMA
6 Kota Bengkulu yang diambil secara random sampling. Hasil penelitian
menunjukan bahwa model bimbingan kelompok bagi guru bimbingan dan
konseling untuk mengefektifkan pilihan karier siswa sekolah menengah atas di
kota Bengkulu sebesar 99,4% atau pada kategori sangat layak menurut ahli. Hasil
tingkat keterpakaian panduan sebesar 98.66% pada kategori sangat baik yang
dinilai oleh guru. Efektifitas pemberian layanan bimbingan kelompok sesuai
dengan model yang sudah dikembangkan yaitu untuk meningkatkan pilihan karier
siswa diperoleh dari hasil uji t adalah -8.549 dengan nilai sig (2 tailed) 0,000.
Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk
meningkatkan pilihan karier siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan
bahwa model bimbingan kelompok bagi guru bimbingan dan konseling untuk
mengefektifkan pilihan karier siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Bengkulu
dapat diterapkan
Kata kunci: Model, Bimbingan kelompok, Pilihan Karier, Siswa, Guru,

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:20
Last Modified: 16 Jul 2025 03:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23760

Actions (login required)

View Item
View Item