Sari, nda Puspita and Sarwit, Sarwono and Didi, Yulistio (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PUISI RAKYAT SENJANG BERBASIS PEDAGOGI GENRE UNTUK SISWA SMP. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
INDAH BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Pt. Gading Sakti menara mas.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar puisi rakyat
Senjang berbasis Pedagogi Genre yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
dan pendidik kelas VII SMP di Kota Lubuklinggau”. Metode yang digunakan
adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan bahan ajar
yang digunakan adalah ADDIE, dengan pertimbangan model pengembangan ini
lebih sederhana dalam mengembangan bahan ajar sastra. Desian Uji coba meliputi
(Uji Desain terbatas dan Uji subjek terbatas dan meluas). Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, angket (Koesioner dan respon). Teknik analisis
data meliputi analisis data angket, analisis data validasi ahli, dan analisis data
kepratisan (respon pengguna bahan ajar). Berdasarkan hasil penelitian didapat
produk bahan ajar senjang berbasis pedagogi Genre yang selama ini belum pernah
ada dan memiliki karakter kearifan lokal. Selain itu diketahui: 1) hasil analisis
puisi rakyat menunjukkan jika unsur pembangun Senjang meliputi, struktur, rima,
diksi dan pesan. 2) Hasil rekapitulasi kebutuhan bahan ajar pada guru secara
umum guru membutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kehidupan dan
lingkungan siswa. 3) Hasil desain pengembangan diketahui hasil validasi praktisi
V rata-rata 0,90, validasi kebahasaan V rata-rata 0,92, validasi pengembagan
bahan ajar dan media V rata-rata 0,96, validasi kebudayaan V rata-rata 0,98. 4)
Hasil respon guru diketahui jika rata-rata skor 92,5% dengan kategori sangat
praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jika bahan ajar puisi
rakyat Senjang berbasis Pedagogi Genre sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru.
Penelitian ini memberi kontribusi bagi siswa, praktisi, budayawan, pembaca dan
masyarakat secara umum agar membudayakan sastra daerah sebagai sarana
pembelajaran puisi rakyat baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
bermasyarakat dan memberikan sumbangan pemikiran akan pelestarian kearifan
lokal di wilayah Kota Lubuklinggau.
Kata kunci: Puisi Rakyat, Senjang, Pedagogi genre.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:20 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23761 |