Riastuti, Reny Dwi and Endang, Widi Winarni and Bhakti, Karyadi (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK DIVISI PTERIDOPHYTA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Reny Dwi Riastuti bebas perpustakaan unib - Dian Samitra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-book Pteridophyta
berbasis Project Based Learning, yang dapat meningkatkan keterampilan
komunikasi ilmiah mahasiswa. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Research
and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan 4-D (define,
design, develop, disseminate). Penelitian dilakukan dengan prosedur sebagai
berikut: yaitu tahap define dengan analisis kebutuhan dengan penggalian data
melalui wawancara kepada dosen dan mahasiswa, observasi; tahap design dengan
perancangan dan pembuatan produk; tahap develop dengan uji validasi ahli, uji
coba terbatas, dan uji coba luas dan tahap diseminasi dengan penyebaran produk
kepada pengguna. Instrumen dalam penelitian berupa angket validasi ahli materi,
media, angket keterbacaan uji coba terbatas dan instrument penilaian keterampilan
komunikasi ilmiah secara lisan dan tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
1) E-book divisi Pteridophyta yang dihasilkan memiliki karakteristik berbasis
Project Based Learning mencakup morfologi, habitat dan taksonomi Pteridophyta
yang mengintegrasikan langkah-langkah PjBL disetiap topik yang disertai dengan
paduan kegiatan yang mendorong keterampilan komunikasi ilmiah. 2) E-book
divisi Pteridophyta berbasis Project Based Learning dinyatakan sangat layak oleh
para ahli materi dengan nilai rata-rata persentase 90,5%, dan ahli media 94,1%. 3)
E-book divisi Pteridophyta berbasis Project Based Learning dapat meningkatkan
keterampilan komunikasi ilmiah mahasiswa secara lisan dengan nilai 81,53
dengan kriteria sangat baik 4) E-book divisi Pteridophyta berbasis Project Based
Learning dapat meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah mahasiswa secara
Tertulis dengan nilai 83,96 dengan kriteria sangat baik
Kata Kunci: Pteridophyta, Project Based Learning,Komunikasi Ilmiah
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:20 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23765 |