Aradea, Riswan and Sudarwan, Danim and Nirwana, Nirwana (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN BERBANTUAN VLOGNOW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
RISWAN ARADEA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Reva Maria Valianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Manajemen dan
Kepemimpinan berbantuan VlogNow untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Bahan ajar ini dikembangkan dengan menggunakan landasan filosofis
progresivisme. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development
(R&D) dengan mengggunakan pengembangan model ADDIE, yaitu (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation). Subyek penelitian ini adalah
mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan pada
penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif yaitu wawancara mendalam,
data hasil observasi, dan data hasil analisis dokumen. dan kuantitatif yaitu data
hasil angket, data hasil wawancara dan data hasil uji coba produk, Hasil penelitian
menunjukkan Bahan ajar Manajemen dan Kepemimpinan berbantuan VlogNow
layakdigunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Rata-rata tingkat
kelayakan dar ahli materi, desain, media dan bahasa sebesar 74,1% dalam kategori
layak. Kategori tafsiran efektivitas N-Gain Score untuk uji terbatas nilai rata-rata
yang didapat adalah sebesar 0,7650. Nilai ini lebih tinggi dari nilai tafsiran kategori
N-GainScore yaitu 0,700 yang berarti tafsirannya efektif.. Hal ini menunjukkan
bahwa efektivitas bahan ajar yang digunakan tinggi. Untuk N-Gain persen, nilai
rata-rata nya sebesar 76,75% yang lebih tinggi dari nilai kategori N-Gain persen
yaitu sebesar 76,00% yang berarti tafsirannya efektif. Sedangkan kategori tafsiran
efektivitas N-Gain Score untuk uji luas, nilai rata-rata yang didapat adalah sebesar
0,8642. Nilai ini lebih tinggi dari nilai tafsiran kategori N-GainScore yaitu 0,700
yang berarti tafsirannya efektif. Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas bahan ajar
yang digunakan tinggi. Untuk N-Gain persen, nilai rata-rata nya sebesar 86,4216%
yang lebihtinggi dari nilai kategori N-Gain persen yaitu sebesar 76,00% yang
berarti tafsirannya efektif. Dengan demikian berarti penggunaan bahan ajar
Manajemen dan Kepemimpinan berbantuan Vlognow layak dan efektif digunakan
untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Kata Kunci : bahan ajar, model ADDIE, vlognow, hasil belajar mahasiswa
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:20 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23767 |