PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER

Sagiman, Sagiman and Bambang, Sahono and Sudarwan, Danim (2025) PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Disertasi] Archive (Disertasi)
SAGIMAN BEBAS PERUSTAKAAN UNIB - Sagiman IAIN CURUP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengembangkan model blended learning berbantuan google
classroom (BLBGC) untuk meningkatkan kemadirian dan prestasi belajar mata
kuliah Aplikasi Komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research
dan Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Dick dan
Carey. Subjek penelitian adalah mahasiswa program S1 Fakultas Tarbiyah Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Teknik pengumpulan data adalah test dan non-
test, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui analisis kebutuhan, kelayakan serta
efektivitas model yang dikembangkan untuk meningkatkan kemandirian dan
prestasi belajar mahasiswa. Teknik analisis data adalah analisis data kuantitatif dan
kualitatif. Peneliti menguji model blended learning berbasis Google Classroom
(BLBGC) dalam dua tahap, yaitu ujicoba terbatas dan ujicoba luas. Pada tahap
ujicoba terbatas, dilakukan pengujian efektivitas model BLBGC dalam
meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah
aplikasi komputer. Hasil ujicoba menunjukkan peningkatan signifikan dalam
kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa setelah menerapkan model BLBGC.
Hasil ujicoba luas menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok
eksperimen yang menggunakan model BLBGC dan kelompok kontrol. Penelitian
ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model BLBGC layak
digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mahasia mata
kuliah aplikasi komputer. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan model BLBGC efektif dalam meningkatkan kemandirian dan
prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah aplikasi komputer.
Kata Kunci : Model blended learning, Google Classroom, Kemandirian Belajar,
Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:53
Last Modified: 22 Jul 2025 02:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23774

Actions (login required)

View Item
View Item