Diharja, Umar and Rambat, Nur Sasongko and Endang, Widi Winarni (2025) BAHAN AJAR RELIGIUS BERBASIS MEDIA ELEKTRONIK UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR (DIKAJI DARI ADMINISTRASI PENDIDIKAN). Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
umar diharja bebas perpustakaan unib - MCTV OFFICIAL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Didalam proses perkembangan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan saat ini, peserta
didik didalam proses belajar menggunakan media konvensional berupa modul cetak dan metode
dengan gaya ceramah membuat materi yang disajikan menjenuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan bahan ajar religius berbasis media elektronik yang memenuhi kriteria validitas,
praktikalitas dan efektifitas dilihat dari administrasi pendidikan sebagai penguatan pendidikan
karakter anak sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar
Islam Terpadu Mutiara Cendekia Lubuklinggau Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah populasi
sebanyak 28 siswa. Menentukan populasi siswa kelas V, dikarenakan mengampu materi
pembelajaran Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendidikan Agama Islam yang memiliki
komponen materi praktik lebih banyak. Melalui kegiatan praktik tersebut diharapkan siswa dapat
langsung mengaktualisasikan nilai-nilai karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran tersebut.
Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada penelitian ini menggunakan model ADDIE
yang meliputi Assessment/Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation.
Penelitian media pembelajaran berbasis web https://karakter.mutiaracendekia.sch.id dilakukan di
kelas V SDIT Mutiara Cendekia Lubuklinggau. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2023. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data dari
hasil wawancara, lembar penilaian, lembar respon dan tes hasil evaluasi pembelajaran. Analisis
data yang digunakan dalam pengujian hasil data yang diperoleh uji independent t test dan uji N-
Gain Score. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai thitung untuk varians sama sebesar 2,131 dengan taraf
signifikansi 0,038. Sedangkan nilai n-Gain Score 57,30% terhadap peningkatan hasil belajar dapat
disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar religius berbasis media elektronik untuk penguatan
pendidikan karakter efektif. Bahan ajar berbasis media elektronik berupa aplikasi web online
memiliki implikasi bisa dipergunakan oleh lembaga pendidikan dalam memberikan materi secara
praktis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan model pembelajaran yang lebih efektif
kepada siswa.
Kata kunci : Bahan ajar religius, media elektronik pembelajaran, pendidikan karakter
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:53 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23777 |