PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK, DAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA OPERASIONAL UMKM (STUDI PADA UMKM BAKERY DI KOTA BENGKULU)

Rahma, Hilda Saskiyah and Isma, Coryanata (2023) PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK, DAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA OPERASIONAL UMKM (STUDI PADA UMKM BAKERY DI KOTA BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI HILDA SASKIYAH RAHMA - Hilda Saskiyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah orientasi
pasar berpengaruh positif terhadap kinerja operasional UMKM di Kota Bengkulu,
apakah inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja operasional UMKM
di Kota Bengkulu dan apakah penggunaan informasi akuntansi berpengaruh
positif terhadap kinerja operasional UMKM di Kota Bengkulu. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kuantitatif yaitu data yang berupa angka yang
diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Semua data dan informasi yang
dikumpulkan dari responden menggunakan kuesioner dan kemudian hasilnya akan
dijelaskan untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan menggunakan korelasi
untuk mengetahui variabel yang paling berkaitan. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh pemilik UMKM Bakery yang terdapat di Kota Bengkulu. Kriteria
sampel dari penelitian ini adalah UMKM bakery di Kota Bengkulu. Responden
yang dipilih oleh penulis dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM bakery di
Kota Bengkulu yang berjumlah 39 UMKM.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan orientasi pasar, inovasi produk dan
penggunaan informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kinerja operasional
UMKM. Semakin tinggi tingkat orientasi pasar, inovasi produk dan penggunaan
informasi akuntansi maka kinerja operasional UMKM akan semakin baik.
Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman dan saran yang
dapat menjadi pertimbangan bagi pelaku UMKM untuk penggunaan informasi
akuntansi agar mempermudah mereka dalam perencanaan usaha, mengontrol
kegiatan usaha, pengambilan keputusan dalam pengelolaan usaha, dengan adanya
informasi akuntansi pengguna lebih mudah mengetahui perkembangan usaha yang
akan dijalankannya. Penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi perguruan
tinggi untuk dapat memberikan bekal kepada mahasiswa agar dapat terlibat
langsung dalam usaha mengembangkan UMKM. Penelitian ini selaras dengan
teori resource based view (RBV) yang menjelaskan bahwa perusahaan merupakan
sekumpulan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki perusahaan. Salah satu
kemampuan yang harus dimiliki yaitu inovasi produk dan penggunaan informasi
akuntansi. teori market based view (MBV) yang menyatakan bahwa untuk
mempunyai keunggulan bersaing dan meningkatkan kinerjanya maka perusahaan
perlu memperhatikan faktor-faktor pendorong eksternal, diantaranya yaitu
persaingan antar perusahaan dalam industri dan kekuatan pembeli. Untuk
menerapkan hal tersebut yaitu dengan meningkatkan orientasi pasar.
Keterbatasan pada penelitian ini yaitu penelitian ini tidak menjelaskan
kontribusi yang diberikan oleh UMKM Bakery pada saat mengimplementasikan
fenomena data industri, tidak mendefinisikan dengan jelas maksud industri mikro
menengah, tidak menjelaskan dengan jelas populasi dan sampel, dan kterbatasan
pada pengukuran variabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:36
Last Modified: 14 Aug 2025 04:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23880

Actions (login required)

View Item
View Item