Utami, Syafira Annisa and Seprianti, Eka Putri (2023) PENGARUH VARIASI PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK MINUMIN KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI SYAFIRA ANNISA UTAMI C1B018058 - Syafira Annisa Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Minumin merupakan sebuah usaha waralaba yang berdiri di beberapa
wilayah di Indonesia. Salah satu wilayah sebaran usaha Minumin yaitu Kota
Bengkulu. Minumin pertama kali hadir di Kota Bengkulu pada tahun 2020.
Minumin memiliki banyak variasi produk diantaranya varian cheesecake, varian
yakult, varian tea dan lainnya. Harga yang ditetapkan untuk sebuah produk
Minumin cukup terjangkau, berkisar antara 5.000 rupiah hingga 15.000 rupiah.
Hingga saat ini Minumin telah membuka beberapa cabang di Kota Bengkulu yang
berlokasi di kawasan yang mudah dijangkau konsumen. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui adakah pengaruh variasi produk, harga dan lokasi terhadap
keputusan pembelian pada Minumin Kota Bengkulu.
Keputusan pembelian merupakan suatu tahap dimana konsumen telah
memiliki pilihan dan siap untuk melakukan pembelian. Variasi produk adalah
kumpulan seluruh barang yang ditawarkan penjualan tertentu kepada konsumen.
Harga berupa sejumlah uang yang dikeluarkan untuk sebuah produk atau jasa.
Lokasi adalah lapisan perantara pemasaran yang akan membawa produk dan
kepemilikan lebih dekat kepada pembeli akhir. Hipotesis pada penelitian diduga
bahwa variasi produk, harga dan lokasi berpengaruh secara simultan dan secara
parsial terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengumpulkan data secara
langsung dari responden menggunakan kuesioner dan item-item dari kuesioner
yang berhubungan langsung dengan skala perilaku atau pendapat seseorang.
Jumlah responden terdiri dari 120 orang yang merupakan konsumen Minumin
Kota Bengkulu. Penggumpulan data menggunakan kuesioner dengan bantuan
digital yaitu google form. Analisis data menggunakan metode analisis regresi
berganda dengan uji F, uji t dan Uji Regresi Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi produk berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 3,114 lebih besar
dari ttabel 1,658 dan nilai signifikan 0,002 lebih kecil dari 0,05. Harga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 3,750 lebih
besar dari ttabel 1,658 dan nilai signifikan 0,001 lebih kecil dari 0,05. Lokasi juga
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan
nilai thitung 2,006 lebih besar dari ttabel 1,658 dan nilai signifikan 0,047 lebih kecil
dari 0,05. Selain itu variasi produk, harga dan lokasi juga berpengaruh positif dan
signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada Minumin
x
xi
Kota Bengkulu dengan nilai fhitung 29,108 lebih besar dari ftabel 2,68 dan nilai
signifikan 0,001 lebih kecil dari 0,05.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapat beberapa
kesimpulan. Kesimpulan pertama yaitu variasi produk, harga dan lokasi secara
bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
pada Minumin Kota Bengkulu. Kesimpulan kedua adalah variasi produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Minumin
Kota Bengkulu. Kesimpulan ketiga adalah harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian pada Minumin Kota Bengkulu.
Kesimpulan keempat adalah variasi produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian pada Minumin Kota Bengkulu.
Kata kunci: harga, lokasi, keputusan pembelian, variasi produk
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 08:20 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 08:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23966 |