FOLLOW FOR FOLLOW: MARKETING ON INSTAGRAM (Studi kasus pada Toko Pakaian House Of Noya Bengkulu)

Ogantri, Jesshica Amalisa and Lizar, Alfansi and Willy, Abdillah (2023) FOLLOW FOR FOLLOW: MARKETING ON INSTAGRAM (Studi kasus pada Toko Pakaian House Of Noya Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
TESIS FIX - Jesshica Amalisa Ogantri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Media sosial menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari untuk
berkomunikasi dan berbagi informasi dan telah mengubah perilaku konsumen,
penggunaan media sosial dan khususnya Instagram dari perspektif UMKM adalah
fenomena baru. Melalui Instagram, perusahaan dapat berinteraksi dengan
pelanggannya dengan cara mendukung mereka (yaitu mengikuti mereka dan
menyukai serta mengomentari postingan mereka) dan mendapatkan tanggapan
berupa menerima dukungan sebagai balasannya.
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini ada 3 yaitu Bagaimana
praktik like, comment, dan following yang dilakukan selama ini oleh pelaku usaha
Toko Pakaian House of Noya Bengkulu? Apakah aktivitas praktik like, comment,
dan following dapat meningkatkan aktivitas praktik follower di akun instagram?
Manfaat seperti apa yang didapat oleh pelaku usaha Toko Pakaian House of Noya
Bengkulu setelah melakukan praktik like, comment, dan following di instagram?
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mengukur Following calon pelanggan dan
Like serta Comment postingan calon pelanggan di Instagram dalam menciptakan
dan meningkatkan kesadaran terhadap adanya Toko Pakaian House of Noya
Bengkulu.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif, penelitian ini diambil dari
data primer dengan melakukan observasi dan wawancara. Observasi dilaksanakan
dengan pengamatan langsung terhadap objek yaitu Toko Pakaian House of Noya
Bengkulu untuk mengamati bagaimana perkembangan antara Like, Comment dan
Following selama 30 hari (2 November – 1 Desember 2022) dengan menerapkan
Like, Comment dan Following di instagram Toko Pakaian House Of Noya
Bengkulu. Setiap hari selama 30 hari praktik ini, House of Noya akan melakukan
praktik following sebanyak 100 akun dan melakukan praktik like dan comment
sebanyak 20 postingan dari akun yang telah diikuti. Selanjutnya, peneliti akan
melakukan wawancara kepada pemilik akun instagram Toko Pakaian House of
Noya Bengkulu dan penulis juga akan melakukan wawancara kepada 8 orang
followers yang mengikuti akun instagram Toko Pakaian House of Noya Bengkulu
yang akan di pilih dengan secara acak.
Pertama, setelah dilakukan penelitian ini pelaku usaha baru melakukan praktik
follow for follow, dan diiringi juga dengan melakukan praktik like dan comment
lalu melihat bagaimana perkembangan insight instagram yang memperlihatkan
ix
hasil viewer story, jumlah kunjungan, jumlah followers dan lain sebagainya yang
dibutuhkan untuk melihat pelanggan potensial bagi Toko Pakaian House of Noya
Bengkulu. Kedua, penelitian bertujuan untuk melihat dan menguji apakah praktik
follow, like dan comment dapat meningkatkan jumlah followers dan ketiga, yaitu
bertujuan untuk melihat apakah manfaat dari praktik yang dilakukan tersebut.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa paktik
tersebut memang benar dapat meningkatkan followers, meningkatnya interaksi
antara pengguna dan followers seperti saling membalas komen dan menyukai
postingan atau feed akun instagram yang dikelola oleh Toko Pakaian House of
Noya Kota Bengkulu, kemudian penggunaan istagram mempunyai manfaat bagi
pelaku usaha terutama untuk Toko Pakaian House of Noya Kota Bengkulu dalam
memperkenalkan dan pemasaran produk mereka, selanjutnya juga membuat
interaksi antara pelaku usaha dengan calon konsumen menjadi lebih terikat karena
melakukan interaksi secara personal untuk pemanfaatan media sosial instagram
dalam pemasaraan produk milik pelaku usaha.
Kata Kunci: Follow, Like, Comment, Instagram, Followers, Insight, House of Noya
Bengkulu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Aug 2025 04:42
Last Modified: 26 Aug 2025 04:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24039

Actions (login required)

View Item
View Item