Zikri, Ihsanul and Yazid, Ismi Intara and Laili, Susanti (2020) ANALISIS DESAIN KEMASAN KOPI ROBUSTA RAFFLESIA COFFEE MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI IHSANUL ZIKRI E1G014047.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (29MB)
Abstract
Desain kemasan merupakan bagian penting dalam hal mempromosikan produk yang
akan dipasarkan. Permasalahan desain kemasan produk unggulan suatu daerah terutama
Bengkulu saat ini seharusnya menjadi perhatian khusus bagi pihak-pihak terkait dalam upaya
promosi produk agroindustri serta upaya pembangunan ekonomi di daerah Bengkulu pada
umumnya. Salah satu komoditas unggulan Provinsi Bengkulu yaitu kopi. Tingginya
produksi kopi di Provinsi Bengkulu juga diikuti dengan munculnya berbagai industri
pengolahan kopi diantaranya industri Rafflesia Coffee. Rafflesia Coffee merupakan salah
satu industri kopi yang mengolah biji kopi Robusta dan Arabica menjadi kopi bubuk dalam
kemasan. Kemasan pada kopi bubuk menjadi daya tarik tersendiri dalam indsutri kopi. Agar
dapat bersaing dengan kopetitornya, maka setiap industri kopi harus memiliki keunggulan
dan daya tarik yang tidak dimiliki oleh kompetitornya. Tujuan dari penelitian ini yaitu
mengetahui kesan konsumen melalui kata-kata Kansei terhadap kemasan kopi robusta
Rafflesia Coffee yang sudah ada dengan menggunakan metode Kansei Engineering.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019 hingga Januari 2020
bertempat di Rafflesia Coffee House, Jl. Semeru No. 21 Pematang Gubernur, Kecamatan
Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Kansei Engineering yaitu metode untuk menerjemahkan emosi atau perasaan terhadap suatu
produk.
Setelah melalui tahap pengumpulan kata-kata Kansei, strukturisasi kata-kata Kansei,
diperoleh kata-kata Kansei hasil wawancara dengan konsumen dan referensi jurnal sebanyak
156 kata Kansei, wawancara dengan konsumen diperoleh sebanyak 48 kata, didapatkan dari
jurnal sebanyak 108 kata, setelah dilakukan rekapitulasi, uji validitas, reliabilitas, dan
analisis faktor didapatkan sebanyak 11 kata Kansei yang mencirikan kemasan Kopi Robusta
Rafflesia Coffee berdasarkan pendapat konsumen, diantaranya: 1)Kemasan unik,
2)Kemasan menarik, 3)Kemasan yang berciri khas daerah, 4) Kemasan meyakinkan,
5)Kemasan praktis, 6)Kemasan rapi, 7)Kemasan tahan lama, 8) Kemasan dengan merk yang
jelas, 9)Kemasan informatif, 10)Kemasan yang menggambarkan kopi, dan 11)Kemasan
Berkualitas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 01:58 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 01:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24257 |