Sevtian, Arienda Robih and Dwi, Oktavallyan Saputri and Amin, Shody Ashary (2024) PERANCANGAN SEKOLAH ALAM TERPADU DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS DI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Tugas Akhir Arienda Robih Sevtian G1E017040 - Robih Sevtian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Perancangan ini membahas sebuah sekolah alam dengan pendekatan arsitektur
ekologis di Kota Bengkulu. Sekolah alam merupakan konsep pendidikan yang berfokus
pada keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran alam dan lingkungan. Dalam
perancangan ini, penulis mengintegrasikan prinsip-prinsip arsitektur ekologis untuk
menciptakan lingkungan belajar yang ramah lingkungan dan sesuai dengan karakter alam
Bengkulu.
Metode perancangan melibatkan analisis lingkungan, termasuk topografi, iklim,
vegetasi, dan budaya lokal, untuk memandu perancangan bangunan dan ruang terbuka.
Selain itu, pemanfaatan bahan bangunan ramah lingkungan dan teknologi berkelanjutan
diintegrasikan ke dalam desain.
Hasil perancangan ini adalah sekolah alam yang menggabungkan bangunan�bangunan yang terintegrasi dengan alam sekitar, menciptakan ruang terbuka hijau yang
memungkinkan siswa untuk belajar dalam lingkungan alami. Desain ini juga
mempertimbangkan aspek-aspek kenyamanan, keamanan, dan keindahan. Perancangan
sekolah alam dengan pendekatan arsitektur ekologis ini diharapkan dapat memberikan
kontribusi positif terhadap pendidikan lingkungan dan kesadaran ekologis siswa, serta
menjadi model bagi perkembangan pedagogi yang berkelanjutan di lingkungan kota
Bengkulu.
Kata Kunci : Alam, Arsitektur Ekologi, Kota Bengkulu, Sekolah , Pendidikan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 02:26 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24272 |