ANALISIS PENGARUH USABILITY, INFORMATION QUALITY, SERVICE INTERACTION QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM LAYANAN ADMINISTRASI WARGA ELEKTRONIK (SLAWE) MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN SEM-PLS (STUDI KASUS : DUKCAPIL KOTA BENGKULU)

ALFAREZA, MUHAMMAD YUSRIL and Desi, Andreswari and Julia, Purnama Sari (2024) ANALISIS PENGARUH USABILITY, INFORMATION QUALITY, SERVICE INTERACTION QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM LAYANAN ADMINISTRASI WARGA ELEKTRONIK (SLAWE) MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN SEM-PLS (STUDI KASUS : DUKCAPIL KOTA BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI_MUHAMMAD_YUSRIL_ALFAREZA - mysrilal.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Dukcapil Kota Bengkulu telah menerapkan Sistem Informasi dalam pengelolaan dan
penyimpanan informasi data kependudukan dari masyarakat Kota Bengkulu, salah
satu sistem Informasi yang dimiliki dukcapil kota Bengkulu yaitu Sistem Layanan
Administrasi Warga Elektronik (SLAWE). Terdapat beberapa masalah yang
ditemukan seperti Warga selalu lupa menyimpan nomor resi untuk melacak proses
permintaan layanan karena nomor resi hanya ditampilkan satu kali setelah registrasi,
form upload kartu keluarga/KTP Lama/KTP Rusak/Surat Keterangan Hilang tidak
diberikan informasi terkait format foto, masih banyak warga yang tidak mengerti
cara mengupload persyaratan yang ada. Maka dari itu, perlu adanya penelitian untuk
mengetahui pengaruh usability, information quality, service interaction quality
terhadap kepuasan pengguna sistem layanan administrasi warga elektronik (SLAWE)
pada Dinas Kependudukan dan Catatan sipil kota Bengkulu. Model yang digunakan
pada penelitian ini ialah Webqual 4.0. Sampel yang diambil berjumlah 100 orang
yang merupakan pengguna sistem layanan administrasi warga elektronik (SLAWE).
Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS. Dari 3 hipotesis, terdapat 1
hipotesis yang ditolak yaitu pengaruh usability terhadap kepuasan pengguna dan 2
hipotesis dinyatakan signifikan dan diterima.
Kata Kunci: Webqual 4.0, Usability, Information Quality, Service interaction
Quality, Kepuasan Pengguna, SmartPLS, SLAWE

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:57
Last Modified: 04 Sep 2025 07:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24333

Actions (login required)

View Item
View Item