PIANI, SRI OKTA and Ferzha, Putra Utama and Arie, Vatresia (2024) ANALISIS MANAJEMEN LAYANAN TI PADA KEBANGKRUTAN E-COMMERCE JD.ID MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA INFRASTRUCTURE TECHNOLOGY INFORMATION LIBRARY (ITIL V3). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_SRI OKTA PIANI_G1F019007 - Sri Oktapiani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
E-commerce akhir ini menjadi tempat yang banyak diminati oleh konsumen untuk
berbelanja. Secara umum, e-commerce adalah istilah yang digunakan untuk
menggambarkan penjualan barang dan jasa melalui internet. Diantara banyaknya
layanan e-commerce yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu JD.id. Pada
penelitian ini membahas tentang tutupnya layanan JD.id di Indonesia. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat layanan TI yang digunakan JD.id sebelumnya dengan
melihat proses-proses dari domain service operation dengan kerangka kerja ITIL
V3 dan mengetahui sejauh mana pengelolaan terhadap layanan TI yang digunakan
JD.id sebelum tutupnya JD.id. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna JD.id
di wilayah-wilayah Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kuantitatif dan penilaian dari hasil penelitian ini yaitu
berdasarkan jawaban pada kuesioner yang diberikan kepada responden
menggunakan Skala Likert. Sampel yang diambil berjumlah 100 orang yang
merupakan pengguna JD.id. Sumber data yang didapatkan dalam penelitian ini
yaitu dari data primer dan data sekunder. analisis data yang dilakukan yaitu
perhitungan Maturity Level dari subdomain Service Operation. Hasil dari penelitian
berada pada level 4 (managed) yaitu yang dimana Perusahaan dapat mengukur dan
memonitor prosedur yang ada sehingga mudah ditanggulangi jika terjadi
penyimpangan, proses juga dilakukan peningkatan secara terus menerus yang
membuat proses menjadi lebih baik, namun otomasi dengan perangkat teknologi
inforasi yang digunakan terbatas.
Kata Kunci: Manajemen Layanan TI, JD.id, ITIL V3, Service Operation, Maturity
level
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 01:32 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 01:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24334 |