JULIANI, KEKEN and Andang, Wijanarko and Aan, Erlanshari (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI PENGGUNA E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE UTAUT 2 (STUDI KASUS : E-LEARNING UNIVERSITAS BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_Keken Juliani_28 Maret 2024.fix - Juliani Keken.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Banyaknya Sumber Daya Manusia (SDM) di Universitas Bengkulu belum
siap dengan adanya e-learning, terlihat dari belum semua dosen atau pengajar
menggunakan e-learning dalam memudahkan proses pembelajaran di perkuliahan.
Idealnya seluruh dosen atau pengajar Universitas Bengkulu menggunakan e-learning
dalam proses pembelajaran. Dari permasalahan yang dihadapi oleh e-learning
Universitas Bengkulu tersebut salah satu cara mengatasinya yaitu dengan cara
mengetahui seberapa besar intensi pengguna yang ada di Universitas Bengkulu untuk
menjadi bahan evaluasi bagi pihak Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi (LPTIK) Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
apakah variabel UTAUT2 (performance expectancy, effort expectancy, social
influence, facilitating condition, hedonic motivation, price value, dan habit)
berpengaruh terhdap intensi penggunaan e-learning di Universitas Bengkulu dengan
tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi intensi penggunaan e�learning di Universitas Bengkulu berdasarkan model UTAUT2 serta melihat
seberapa besar intensi penggunaan e-learning di Universitas Bengkulu. Metode
Kuantitatif diterapkan pada penelitian ini dengan cara penyebaran kuesioner kepada
88 responden. Model yang digunakan adalah Unified Theory of Acceptance and Use
of Technology-2 (UTAUT-2). Analisis data yang dilakukan menggunakan software
SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Behavioral Intentions, dan
Habit mempengaruhi perilaku penggunaan e-learning di Universitas Bengkulu.
Behavioral Intentions memiliki pengaruh yang paling kuat dengan nilai path
coefficient 0.559 yang berarti bahwa niat pengguna dapat mempengaruhi perilaku
penggunaan e-learning di Universitas Bengkulu.
Kata Kunci: E-Learning, Intensi Pengguna, UTAUT-2, SEM-PLS, Behavioral
Intention, Use Behavior
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 07:29 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 07:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24582 |