Sari, Dewi Afita and Hajar, G. Pramudyasmono and Fransiska, Timoria Samosir (2024) STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI AKUN INSTAGRAM DAN FACEBOOK DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI DEWI AFITA FIX - Dewi Afita.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi perpustakaan melalui akun Instagram dan Facebook di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber primer dalam penelitian ini berjumlah 10 orang informan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat peneliti simpulkan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu memanfaatkan media sosial
sebagai kegiatan promosi perpustakaan dengan menggunakan akun media sosial Facebook dan Instagram. Promosi perpustakaan menggunakan media sosial facebook dan Instagram dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan seluruh
kegiatan-kegiatan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu dalam melakukan promosi dengan melaksanakan tujuh prinsip strategi pemasaran. Prinsip-prinsip strategi pemasaran tersebut adalah: 1) Produk, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bengkulu melakukan kegiatan promosi melalui produk seperti brosur. 2) Harga, biaya yang diperlukan dalam melakukan kegiatan promosi di Dinas DPK adalah tergantung dari rencana kerja tahunan yang
diajukan, dan dari tiap tahun anggaranya berbeda-beda. 3) Tempat, dalam melakukan promosi perpustakaan adalah di seluruh wilayah Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. 4) Promosi, kegiatan promosi telah dilakukan oleh Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu melalui media sosial, terkhsusu melalui akun instagram dan facebook. 5) Bukti fisik yang ada di media sosial dapat dilihat berupa iklan, atau ajakan dan himbauan kepada pelajar atau pembaca
untuk mengunjungi perpustakaan daerah Bengkulu. 6) Orang, kebijakan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu yakni dengan melakukan kerja sama dengan dinas-dinas terkait lainya untuk ikut juga melakukan promosi.
7) Proses promosi dengan memanfaatkan media sosial harus memperhatikan beberapa hal seperti: menentukan target dari kegiatan promosi, media promosi yang akan dipilih, perencanaan konsep, dan penyebaran media promosi pada
media sosial, serta menentukan target pasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Journal |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 07:24 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24618 |