Ivone, Belia Lady and Nurhayati, Darubekti and Fransiska, Timoria Samosir (2024) PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH LUAR BIASA DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI SISWA DISABILITAS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi-Belia Lady Ivone - Belia Lady Ivone.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Keberadaan perpustakaan sebagai sumber informasi di dunia pendidikan sangatlah penting. Untuk memperoleh, menggunakan dan memanfaatkan informasi tersebut dibutuhkan keterampilan literasi informasi. Kemampuan literasi informasi yang
baik harus dimiliki oleh setiap individu tak terkecuali penyandang disabilitas. Perpustakaan sekolah luar biasa memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan literasi informasi siswa disabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perpustakaan Sekolah Luar Biasa Negeri 01 dalam meningkatkan literasi informasi siswa disabilitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan 9 informan sebagai sumber data untuk mendapatkan informasi, teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan SLB Negeri 01 Kota Bengkulu telah menjalankan perannya dalam meningkatkan literasi
informasi siswa disabilitas berupa menyediakan fasilitas, tempat dan koleksi bahan bacaan, berkolaborasi bersama guru dalam mengadakan kegiatan literasi selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai, kegiatan gerakan literasi sekolah
dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah, memberikan bimbingan menulis dan membaca kepada siswa disabilitas yang berkunjung ke perpustakaan, dan lain-lain. Peran tersebut sesuai dengan standar kompetensi literasi informasi
menurut International Federation Of Library Association and Institution (IFLA) dan mampu meningkatkan literasi informasi siswa disabilitas dilihat dari jumlah kunjungan perpustakaan yang meningkat, serta keterampilan siswa dalam mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Journal |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 08:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 08:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24645 |