Anggriyani, Risa and Purwaka, Purwaka and Fransiska, Timoria Samosir (2024) LITERASI DIGITAL PELAKU UMKM BERBASIS WEBSITE DI DESA SIDODADI KECAMATAN PENARIK KABUPATEN MUKOMUKO. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSII_RISA ANGGRIYANI_D1B019027 - Risa Anggriyani.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Literasi digital dapat diartikan sebagai pemahaman dan kemampuan dalam menerima, mengolah dan menyajikan data menggunakan teknologi digital, untuk dijadikan sebagai informasi yang bisa berguna untuk khalayak banyak dan
dibutuhkan dalam perkembangan dunia digital atau teknologi saat ini. Adanya literasi digital dapat membantu para pelaku usaha UMKM untuk meningkatkan pemasaran usahanya agar lebih dikenal dan bisa meningkatkan pendapatan usaha. Adanya pemahaman literasi digital yang didukung dengan adanya support dan bantuan dari pemerintah dapat menjadikan pelaku UMKM beradaptasi dengan cepat dengan tuntutan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan kemampuan literasi digital pelaku usaha
UMKM di Desa Sidodadi dalam peningkatan perekonomian dalam sistem dagang berbasis digital dan bagaimana mereka mempromosikan usaha agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari hasil wawancara menunjukan bahwa para pelaku UMKM berbasis website di desa
Sidodadi ini telah memiliki pemahaman literasi digital dalam menjalankan usaha secara digital atau online, mereka telah mengerti bagaimana memasarkan usaha di media sosial dan bisa membuat konten informasi mengenai usahanya serta bisa
menjaga keamanan dan melindungi data dari ancaman kejahatan digital atau cybercrime. Namun para pelaku UMKM masih harus meningkatkan pemahaman literasi digital mereka terutama dalam penggunaan media sosial untuk usaha pelaku UMKM diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan media sosial lain
dan bisa mengambil langkah dalam menggunakan sosial media dan aplikasi e�commerce lainnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Journal |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 08:22 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 08:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24646 |