PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PADA PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PENGIRIMAN BARANG (STUDI PADA DIVISI OPERASIONAL SICEPAT EKSPRES KOTA BENGKULU)

Mukhsin, Mukhsin and Ilsya, Hayadi (2023) PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PADA PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PENGIRIMAN BARANG (STUDI PADA DIVISI OPERASIONAL SICEPAT EKSPRES KOTA BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
mukhsin c1b016125 - Mukhsin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Meroketnya angka pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia berbanding
lurus dengan permintaan akan jasa ekspedisi dan pengiriman paket yang aman, nyaman
dan cepat. Tranding tersebut membuat persaingan bisnis dalam transaksi berbelanja
online semakin meningkat, salah satunya yaitu perusahaan jasa logistik yang terus
menerus berkembang pesat memenuhi kebutuhan konsumtif masyarakat serta
berlomba dalam meningkatkan kualitas servis dan ketepatan waktu pengiriman sesuai
dengan Service Level Agreement (SLA). Keberadaan penyedia jasa pengiriman sendiri
mampu menunjang kebutuhan para pelaku bisnis usaha karena dapat mengirim barang
kepada konsumen baik yang berada didaerah usaha maupun yang berada di luar daerah
oprasional perusahaan tersebut, sehingga dapat memperluas cakupan pasar di
Indonesia. Sicepat ekspres merupakan salah satu perusahaan jasa yang bergerak
dibidang logistik dalam pengiriman barang yang sudah berdiri sejak tahun 2004. Visi
dari perusahaan ini adalah menjadi penyedia jasa pengiriman barang modern pertama
di Indonesia dengan mengedepankan solusi praktis dan kualitas pelayanan bagi e�commerce yang hingga 2019 kini telah memiliki lebih dari 200 kantor cabang yang
tersebar di seluruh Indonesia
Dalam penelitian ini memfokuskan objek penelitian pada Divisi operasional
perusahaan Sicepat ekspres yang berada di Kota Bengkulu. Penelitian ini befokus pada
penerapan standar operasional prosedur pada produktivitas kerja karyawan dan
pengaruhnya terhadap kualitas layanan dengan menggunakan model Service Quality
yang dikembangkan yaitu dengan metode empirik yang dapat digunakan oleh
perusahaan jasa untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka
Penelitian ini menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabel melalui
pengujian hipotesis berdasarkan teori yang telah dirumuskan sebelumnya kemudian
data yang diperoleh dihitung melalui pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan
data juga dengan menyebarkan kuesioner. Teknik pengambilan sampel untuk
penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel 28 sampel. teknik analisis
data yang dilakukan adalah metode Statistik menggunakan Software SPSS 24.0
program windows. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis, uji-t, uji f dan uji R2.
x
Penerapan satandar operasional prosedur berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kualitas layanan. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik penerapan standar
operasional prosedur maka akan semakin meningkat kualitas layanan pada perusahaan
Sicepat Ekspres Kota Bengkulu. Produktivitas kerja karyawan berpengaruh positif
secara parsial dan signifikan terhadap kualitas layanan. Sehingga semakin tinggi
produktivitas kerja karyawan maka akan tinggi kualitas layanan pada perusahaan
Sicepat Ekspres Kota Bengkulu. Variabel satandar operasional prosedur (X1) dan
produktivitas kerja karyawan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap kualitas
layanan pada perusahaan Sicepat Ekspres Kota Bengkulu. Hal ini menujukan faktor
standar operasional prosedur pada produktivitas kerja karyawan saling mempengaruhi
kualitas layanan pada perusahaan Sicepat Ekspres Kota Bengkulu.
Menurut hasil analisis tanggapan responden variabel standar operasional prosedur
memiliki nilai paling rendah.ini mengindikasikan bahwa masih kurangnya
pengendalian resiko pada penerapan SOP terkait permasalahan yang sering berula ng
pada perusahaan, yang membuat kinerja karyawan menjadi tidak efektif dan efisien.
Kata kunci : Standar Operasional Prosedur, Produktivitas Kerja Karyawan, Kuallitas
Layanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:16
Last Modified: 15 Sep 2025 07:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24766

Actions (login required)

View Item
View Item