Angraini, Febrina Ayuditya and Purwaka, Purwaka and Fransiska, Timoria Samosir (2024) ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SD N 01 BENGKULU TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI FEBRINA AYUDITYA ANGRAINI D1B018060 - Febrina Ayuditya anggraini.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan, mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, memyimak, menulis, dan berbicara. Upaya menumbuhkan minat baca siswa
di SDN 01 Bengkulu Tengah, melalui optimalisasi gerakan literasi sekolah, menggunakan sarana pojok baca kelas, perpustakaan sekolah dan fasilitas membaca lainnya. Literasi sekolah ini sangat membantu siswa untuk memperluas wawasan,
ilmu pengetahuan dan pengalaman baru, kreativitas mengemukakan ide dan gagasan serta meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan minat
baca siswa dan meningkatkan prestasi dan hasil belajar siswa, melalui penerapan gerakan literasi sekolah dan penyediaan sarana pojok baca pada setiap kelas dan fasilitas perpustakaan sekolah. Penataan pojok baca ini melibatkan siswa secara langsung yang diharapkan mampu meningkatkan kreativitas siswa, menanamkan rasa tanggung jawab, dan agar siswa memiliki budi pekerti yang baik. Penelitian ini
menggunakan menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan dan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) memberikan dampak yang positif bagi siswa dalam menumbuhkan minat baca dan meningkatkan prestasi dan hasil belajar siswa. Siswa mampu
melakukan aktivitas membaca melalui memilih sendiri sumber bacaan, memahami sumber bacaan, dan merespon sumber bacaan. Melalui aktivitas menulis siswa mampu meningkatkan kualitas menulis dengan rapi. Dalam aktivitas berbicara siswa juga sudah mampu merespon informasi secara lisan dan mampu menyampaikan ide dan pendapat. Gerakan literasi sekolah dapat dikatakan sudah diterapkan secara optimal melalui penyediaan pojok baca yang menarik pada setiap kelas, perpustakaan sekolah dan sarana lainnya sehingga mampu memberikan dampak yang positif bagi siswa dalam menumbuhkan minat baca dan mampu meningkatkan prestasi dan hasil
belajar siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Library and Information Science |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 07:08 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 01:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24848 |