EFEKTIVITAS APLIKASI TASPEN OTENTIKASI DALAM PEMENUHAN HAK PENERIMA DANA PENSIUN DI PT. BANK MANDIRI TASPEN KOTA BENGKULU

Dyah, Nuri Mardania and Nur, Sulistyo B. Ambarini and Joko, Susetyanto (2024) EFEKTIVITAS APLIKASI TASPEN OTENTIKASI DALAM PEMENUHAN HAK PENERIMA DANA PENSIUN DI PT. BANK MANDIRI TASPEN KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRIPSI - Dyah Nuri Mardania (B1A020184) - Dyah Nuri Mardania.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

PT. Taspen (Persero) mengeluarkan inovasi berbasis digital berupa aplikasi taspen
otentikasi. Aplikasi taspen otentikasi ini sebagai syarat dalam pembayaran dana
pensiun. Namun, masih terdapat kendala dalam penggunaan aplikasi taspen
otentikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas
aplikasi taspen otentikasi dalam pemenuhan hak penerima dana pensiun di PT.
Bank Mandiri Taspen Kota Bengkulu serta mengetahui dan menganalisis faktor�faktor penghambat keberhasilan penggunaan aplikasi taspen otentikasi dalam
pemenuhan hak penerima dana pensiun di PT. Bank Mandiri Taspen Kota
Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris yang
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yang fokus pada prinsip-prinsip
umum yang mendasar dan berlaku umum sebagai perwujudan satuan-satuan
gejala yang ada dalam kehidupan sosial budaya atau masyarakat. Hasil dari
penelitian ini adalah aplikasi taspen otentikasi dalam pemenuhan hak penerima
dana pensiun di PT. Bank Mandiri Taspen Kota Bengkulu belum efektif karena
tidak semua peserta penerima dana pensiun dapat menggunakan aplikasi taspen
otentikasi sehingga terjadi keterlambatan dalam pemenuhan hak peserta penerima
dana pensiun. Sedangkan dalam pemenuhan hak peserta penerima dana pensiun
akibat gagal otentikasi pada aplikasi taspen di PT. Bank Mandiri Taspen Kota
Bengkulu, PT. Bank Mandiri Taspen Kota Bengkulu memberikan 3 (tiga) solusi
yang dapat dilakukan oleh peserta penerima dana pensiun sesuai dengan hambatan
dan kondisi fisik dari peserta penerima dana pensiun yaitu otentikasi manual
melalui customer service (CS), surat kuasa, layanan kunjungan nasabah (LKN).
Kata Kunci : Taspen, Otentikasi, Hak, Pensiun, Bank.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 16 Sep 2025 07:31
Last Modified: 16 Sep 2025 07:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24867

Actions (login required)

View Item
View Item