Budiman, M. Arif and Muhartini, Salim and Rina, Suthia Hayu (2024) ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA BARBERSHOP 96 DI KOTA BENGKULU PASCA COVID 19. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
FULL TESIS ARIF - Adam Mulia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Di era milenial sekarang, penampilan tidak hanya penting bagi wanita
tetapi juga bagi pria, salah satunya yaitu penampilan rambut dengan gaya yang
terus mengikuti trend gaya rambut terbaru (Firmansyah, R., & Pujangkoro, S.
2020). Karena berbagai layanan telah disediakan, pasar secara bertahap terisi
dengan toko perawatan rambut khusus, seperti salon kecantikan, toko bayi, dan
salon rambut untuk melayani berbagai pelanggan (Le, P. P. 2018). Tawaran
Barbershop di era milenial sekarang pun tidak hanya melayani jasa potong rambut
biasa, tetapi juga layanan tambahan seperti creambath, pewarnaan rambut,
meluruskan rambut, membuat rambut menjadi keriting dan jasa pijat. Kemudian,
Barbershop juga menjual beberapa jenis produk agar para pria bisa tampil lebih
rapi dan klimis. Meskipun Barbershop memiliki harga yang lebih tinggi
dibandingkan dengan tukang cukur umumnya, namun semua sudah memiliki
pasarannya masing – masing. Target pasar Barbershop adalah pria dari menengah
ke atas (Le, P. P. 2018).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelanggan di
Barbershop 96 melalui pendekatan Analisis SWOT, dengan fokus pada
identifikasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang
(Opportunities), dan ancaman (Threats) yang memengaruhi kualitas pelayanan.
Metode penelitian yang digunakan mencakup wawancara mendalam dengan
pelanggan, penyebaran kuisioner, dan observasi langsung di tempat. Data yang
terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif dan di deskripsikan.
Hasil analisis SWOT diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam
tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan di Barbershop 96.
Keunggulan layanan dan kelemahan internal pada Barbershop 96 akan
diidentifikasi, sementara peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal
Barbershop 96 juga akan dievaluasi. Selanjutnya, rekomendasi strategis akan
diajukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengoptimalkan performa
bisnis. Metode wawancara dan kuisoner akan membantu menggali persepsi dan
harapan pelanggan secara lebih mendalam, dan memberikan data untuk mengukur
tingkat kepuasan. Observasi langsung di Barbershop 96 akan memberikan
pemahaman praktis tentang pelaksanaan layanan dan respons pelanggan secara
real-time.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam
pemahaman faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan di industri
barbershop, serta memberikan panduan strategis bagi Barbershop 96 untuk
meningkatkan pelayanan dan daya saingnya di pasar yang kompetitif.
Kata kunci : Analisis SWOT, kepuasan pelanggan, Strategi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 04:24 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 04:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25134 |