KOMPARASI METODE BINA MARGA DAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX DALAM EVALUASI KONDISI KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DAN PERENCANAAN PEMELIHARAAN JALAN (Studi Kasus: Jalan Pelabuhan Kelurahan Teluk Sepang Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu)

GULTOM, RICKKY PARDAMEAN and Samsul, Bahri and Rena, Misliniyati (2025) KOMPARASI METODE BINA MARGA DAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX DALAM EVALUASI KONDISI KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DAN PERENCANAAN PEMELIHARAAN JALAN (Studi Kasus: Jalan Pelabuhan Kelurahan Teluk Sepang Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi Rickky Pardamean Gultom (G1B019040) - Ricky Gultom.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Provinsi Bengkulu yang pada saat ini sedang terjadi peningkatan mobilitas kendaraan
yang mengangkut barang berupa buah sawit, karet, batu bara dan hasil pertanian
lainnya. Analisis kerusakan jalan dilakukan dengan 2 metode yaitu Metode Bina
Marga dan Metode Pavement Conditon Index (PCI). Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan untuk mengetahui jenis kerusakan jalan, tingkat kerusakan permukaan jalan,
nilai kondisi kerusakan jalan, urutan prioritas penanganan dan perbaikan pada Jalan
Pelabuhan, Kelurahan Teluk Sepang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu
STA 0+000 sampai dengan 0+200. Metode Bina Marga menggunakan data LHR dan
PCI mengukur kerusakan mulai dari panjang, lebar dan kedalaman. Hasil analisis
kerusakan jalan berdasarkan Metode Bina Marga pada ruas Jalan Pelabuhan,
Kelurahan Teluk Sepang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Memperoleh
nilai urutan prioritas sebesar 5 (hasil pembulatkan nilai awal yaitu 4,95) yang termasuk
kedalam rentang 4-6 dan termasuk kedalam program pemeliharaan berkala serta
mendapatkan jenis kerusakan jenis kerusakan retak kulit buaya, lubang, retak acak,
retak memanjang, dan pelepasan butiran. Metode PCI memperoleh nilai PCIs rata-rata
sebesar 32,85 dengan rentang nilai 7 yang mengkategorikan jalan tersebut masuk
kedalam pemeliharaan berkala. Jenis kerusakan pada Metode PCI terdapat low,
medium, high, yaitu retak kulit buaya, retak memanjang, retak blok, lubang, tambalan,
penggemukan, dan pelepasan butiran.
Kata Kunci: Kerusakan Jalan, Metode Bina Marga, Metode PCI,
Jalan Pelabuhan Kelurahan Teluk Sepang Kecamatan Kampung
Melayu Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:25
Last Modified: 18 Sep 2025 04:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25283

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200