PENGELOLAAN KELAS PEMBELAJARAN PUISI RAKYAT (PANTUN) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM KURIKULUM MERDEKA SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Suciawati, Agilia Rahma and Padi, Utomo and Rio, Kurniawan (2025) PENGELOLAAN KELAS PEMBELAJARAN PUISI RAKYAT (PANTUN) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM KURIKULUM MERDEKA SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Archive (SKRIPSI)
Agilia Rahma Suciawati-perpus Unib - Rahma Suciawati 26.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas pembelajaran
puisi rakyat (pantun) menggunakan model Problem Based Learning dalam
kurikulum merdeka SMPN 11 kota bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu
aktivitas pengelolaan kelas pembelajaran puisi rakyat (pantun) yang di lakukan
guru Bahasa Indonesia dikelas VIIH Di SMPN 11 Kota Bengkulu. Sumber data
yaitu guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIIH di
SMPN 11 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data ini dilakukan melalui
observasi, rekaman video, dokumentasi, wawancara. Dalam penelitian ini teknik
analisi data dilakukan menggunakan langkah-langkah merekam sambil mengamati
guru yang mengajar, mecatat bukti kegiatan terkait permasalahan yang diteliti,
menganalisis data, mentaabulasikan data, klarifikasi data, menginterprestasikan
data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan
kelas pembelajaran puisi rakyat (pantun) menggunakan model Promblem Based
Learning dalam kurikulum merdeka di SMPN 11 Kota Bengkulu yang berkaitan
Problem Based Learning telah dilaksanakan dengan menggunakan sintak-sintak
Problem Based Learning seperti orientasi, mengorganisasi peserta didik,
membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, penyajian hasil diskusi,
analisis dan evaluasi proses mengatasi masalah. Pengelolaan kelas merupakan hal
pembelajaran yang menentukan efektivitas. Pengelolaan kelas ini dilihat dari cara
guru mengatur kelas, membangun suasana kelas hingga siswa nyaman dan senang
dalam belajar. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat dilihat dari cara siswa
menanggapi pertanyaan guru, belajar dalam kelompok, serta keikutsertaannya
dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pengelolaan Kelas, Problem Based Learning,
Puisi Rakyat (Pantun)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Sep 2025 04:33
Last Modified: 19 Sep 2025 04:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25341

Actions (login required)

View Item
View Item