PUTRA, ABIMAYYU ARMANDANA and Andang, Wijanarko and Willi, Novrian (2025) PENGGUNAAN METODE USES AND GRATIFICATION THEORY DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL UNTUK MENGIDENTIFIKASI FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CONTINUANCE INTENTION PADA APLIKASI TIKTOK (STUDI GENERASI Z DI KOTA BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi FIX_Abimayyu Armandana Putra - Abimayyu Armandana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif penggunaan dan faktor-faktor
yang mempengaruhi niat pengguna untuk terus menggunakan aplikasi TikTok pada
generasi Z di Kota Bengkulu. Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi
informasi yang pesat, TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang paling
banyak digunakan oleh generasi muda, khususnya generasi Z. Penelitian ini
mengintegrasikan dua model teoretis, yaitu Uses and Gratifications Theory (UGT)
dan Technology Acceptance Model (TAM), untuk mengidentifikasi faktor-faktor
internal dan eksternal yang mempengaruhi penggunaan TikTok. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa motif utama pengguna TikTok adalah hiburan
(entertainment), pencarian informasi (information seeking), dan interaksi sosial
(sociability), sementara motif ekspresi diri (self expressions) dan tren (trendiness)
tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor
yang mempengaruhi niat berkelanjutan (continuance intention) untuk
menggunakan TikTok diantaranya adalah sikap positif (attitude) dan persepsi
kegunaan aplikasi (perceived usefulness), sementara persepsi kemudahan
penggunaan (perceived ease of use) tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini
memberikan wawasan tentang bagaimana generasi Z di Kota Bengkulu
memanfaatkan TikTok untuk tujuan hiburan, informasi, dan interaksi sosial, serta
faktor-faktor yang membuat mereka cenderung melanjutkan penggunaan aplikasi
ini.
Kata Kunci: Uses and Gratification Theory; Tiktok; Continuance Intention;
Technology Acceptance Model; Generasi Z
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Information Systems Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 01:48 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 01:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25485 |