Suhaila, Nabila Nur Rahma and Abas, Abas and Sri Irawati, Sri Irawati (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA KELAS VIII DI MTs NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Nabila Nur Rahma Suhaila (A1D018017) SKRIPSI_compressed - Nabila Nur Rahma Suhaila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa
Lembar Kerja Peserta Didik pada materi Sistem Gerak Manusia berbasis Problem
Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian Research and
Development (R&D) dengan model penelitian Borg & Gall yang dibatasi hanya
sampai tahap kelima yaitu Revisising Main Product. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini yaitu melalui lembar angket validasi. Data dianalisis secara
deskriptif kuantitatif berdasarkan data hasil ujı validasi dan uji keterbacaan
peserta didik. Hasil validasi LKPD menunjukkan bahwa LKPD sangat layak
dengan persentase kelayakan materi 88,63% (sangat layak), kelayakan media
79,16% (layak) dan praktisi 90,62% (sangat layak). Hasil uji keterbacaan siswa
menunjukan bahwa indikator ketertarikan 80,75% (sangat layak), indikator materi
84,25% (sangat layak), indikator bahasa 93,75% (sangat layak). Berdasarkan hasil
ujı kelayakan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta
Didik yang dikembangkan dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran pada
materis sistem gerak manusia.
Kata Kunci : LKPD, Problem Based Learning, Sistem Gerak Manusia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25545 |