PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI GEOGEBRA DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu)

Yenni, Yuli Arma and Irnanda, Priyadi and Yuli, Rodiah (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI GEOGEBRA DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
YULIARMAYENNI_PERPUSTAKAANUNIB - yuli arma yenni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran di era pendidikan abad ke-21, penggunaan teknologi informasi
dan komunikasi menjadi esensial. TIK tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu
pembelajaran, tetapi juga sebagai sarana untuk menciptakan pengalaman belajar
yang lebih relevan dan berkesinambungan. Dalam prosesnya, integrasi teknologi
dalam pembelajaran abad ke-21 yang seringkali menjadi media pembelajaran
memberikan dampak signifikan terhadap proses dan hasil belajar siswa, baik dalam
bentuk peningkatan interaksi maupun tantangan baru dalam pengelolaannya, salah
satunya pada mata pelajaran matematika. Aplikasi GeoGebra merupakan salah satu
software matematika yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika yang
meliputi materi geometri, aljabar, dan kalkulus. Aplikasi GeoGebra berfungsi sebagai
media pembelajaran matematika yang dapat membantu siswa secara visual untuk
memahami materi matematika yang besifat abstrak.
Pembelajaran ekspositori, seperti ceramah atau diskusi kelompok, tanpa
menggunakan media pembelajaran yang modern dan memadai sebagai alat bantu
tetap menjadi metode yang masih sering digunakan. Pendekatan ini mengandalkan
interaksi langsung antara siswa dan guru tanpa bantuan teknologi canggih seperti
Aplikasi Geogebra. Siswa mungkin lebih banyak menerima pengetahuan dari guru
daripada mengeksplorasi pemahaman secara mandiri, sehingga siswa menjadi
cenderung pasif yang pada akhirnya dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Selain media pembelajaran, faktor yang juga sangat berpengaruh dalam
meningkatkan prestasi belajar adalah kreativitas belajar. Istilah kreativitas atau daya
cipta sering digunakan di lingkungan sekolah ataupun lingkungan lainnya.
Pengembangan kreativitas ini diperlukan untuk menghadapi arus era globalisasi.
Kreativitas dapat pula kita lihat sebagai suatu proses dan mungkin inilah yang lebih
penting untuk dilihat terutama dalam situasi pendidikan, kreativitas sebagai suatu
proses dari adanya kesenangan akan keterlibatan seseorang terhadap kegiatan
kreatif.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka dirasa perlu untuk mendalami perihal
ini dengan melaksanakan penelitian lebih lanjut dengan mengambil judul “Pengaruh
Pembelajaran Berbasis Aplikasi Geogebra dan Kreativitas Terhadap Pretasi Belajar
(Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X di SMA Negeri 1 Kota
Bengkulu)”.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025,
dimana waktu pelaksanaan disesuaikan dengan alokasi waktu pada penyampaian
iv
v
materi “Persamaan Kuadrat”. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas X
yang terdiri dari 11 kelas sebanyak 396 siswa. Kemudian, dilakukan pengundian untuk
menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana selanjutnaya
mengumpulkan data kreativitas siswa dengan menggunakan kuesioner yang sudah
dipastikan validitas dan reliabilitas nya, untuk kemudian dilakukan perankingan
kreatifitas siswa baik di kelas kontrol maupun eksperimen, dimana 33% dari jumlah
siswa dengan skor tertinggi akan menjadi sampel siswa dengan kreativitas tinggi.
Sedangkan 33% dari jumlah siswa dengan skor terendah akan menjadi sampel siswa
dengan kreativitas rendah. Kelas kontrol akan dikenakan perlakuan pembelajaran
ekspositori, sedangkan kelas eksperiman akan dikenakan perlakuan pembelajaran
berbasis Aplikasi Geogebra. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X 4
sebagai kelas kontrol sebanyak 24 siswa dan kelas X 1 sebagai kelas eksperimen
sebanyak 24 siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Prestasi belajar bagi siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis aplikasi
GeoGebra lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran
ekspositori
2. Terdapat interaksi antara pembelajaran berbasis aplikasi Geogebra dan
kreativitas terhadap pretasi belajar.
3. Prestasi belajar bagi siswa yang memilki kreativitas belajar tinggi yang belajar
dengan pembelajaran berbasis aplikasi Geogebra lebih tinggi dibandingkan siswa
yang belajar dengan pembelajaran eskpositori.
4. Tidak ada perbedaan prestasi belajar bagi siswa yang memilki kreativitas belajar
rendah yang belajar dengan pembelajaran berbasis aplikasi Geogebra dengan
siswa yang belajar dengan pembelajaran eskpositori.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:31
Last Modified: 22 Sep 2025 03:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25585

Actions (login required)

View Item
View Item