EVALUASI KINERJA JARINGAN JALAN JIKA TERJADI BENCANA TSUNAMI DI KECAMATAN PASAR MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN MENGGUNAKAN PEMODELAN TRANSPORTASI

Nurfaiza, Qushoyyi and Hardiansyah, Hardiansyah and Lindung, Zalbuin Mase (2025) EVALUASI KINERJA JARINGAN JALAN JIKA TERJADI BENCANA TSUNAMI DI KECAMATAN PASAR MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN MENGGUNAKAN PEMODELAN TRANSPORTASI. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
cd qushoyyi skripsi - Qushoyyi Nurfaiza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Kecamatan Pasar Manna memiliki tempat wisata pantai yang ramai
pengunjungnya, sehingga rawan terkena bencana tsunami jadi pemodelan
jaringan jalan dibutuhkan untuk mengetahui kinerja jaringan jalan agar
pengguna jalan dapat menggunakan rute evakuasi secara maksimal saat
terjadinya bencana. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kinerja
jaringan jalan di Kecamatan Pasar Manna serta memberikan rekomendasi
penanganan dan perencanaan ruas jalan rute evakuasi bencana tsunami.
Penelitian ini divalidasi dengan membandingkan volume lalu lintas kondisi
eksisting pada survei lapangan dan volume lalu lintas model simulasi yang
menggunakan bantuan software Zin Macrosimulation dengan metode Four Step
Model. Hasil pemodelan ini menunjukkan nilai validasi sebesar 87,48%. Pada
pemodelan skenario 1 mendapatkan hasil yang cukup bagus karena 4 ruas jalan
yang diteliti mengalami penurunan volume lalu lintas tetapi terjadi peningkatan
volume lalu lintas pada satu ruas jalan yaitu Kelurahan Belakang Gedung II 2-3
dibandingkan dengan kondisi eksisting. Skenario 2 yang dilakukannya
modifikasi penambahan geometri jalan menunjukkan tingkat pelayanan jalan
lebih baik daripada tanpa melakukan peningkatan geometri jalan (skenario 1).
Pemodelan volume lalu lintas 5 dan 10 tahun yang akan datang dengan
modifikasi peningkatan geometri jalan yaitu skenario 4 dan 6 menunjukkan
hasil nilai derajat kejenuhan serta tingkat pelayanan jalan lebih baik
dibandingkan dengan pemodelan tanpa adanya penambahan geometri jalan
seperti skenario 3 dan 5. Peningkatan volume lalu lintas pada penelitian ini
menunjukkan bahwa kepadatan arus lalu lintas itu bisa diatasi dengan
memodifikasi peningkatan geometri jalan, modifikasi ini terbilang efektif
sehingga dapat menciptakan penambahan kapasitas pada ruas jalan yang
mengalami kepadatan.
Kata kunci : Kabupaten Bengkulu Selatan, Evakuasi Bencana Tsunami, Zin
Macrosimulation, Kinerja Jaringan Jalan, Pemodelan Jaringan
Jalan, Four Step Model.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:42
Last Modified: 22 Sep 2025 03:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25591

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200