ANALISIS SENSITIVITAS KINERJA JALAN CENDANA KOTA BENGKULU TERHADAP PERUBAHAN VOLUME LALU LINTAS BERDASARKAN VARIASI WAKTU

Saing, Andri Yunus and Hardiansyah, Hardiansyah and Rena, Misliniyati (2025) ANALISIS SENSITIVITAS KINERJA JALAN CENDANA KOTA BENGKULU TERHADAP PERUBAHAN VOLUME LALU LINTAS BERDASARKAN VARIASI WAKTU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
PRINT CD SKRIPSI - Andry Yunus.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sejauh mana perubahan volume lalu
lintas mempengaruhi sensitivitas kinerja jalan pada ruas Jalan Cendana.
Penelitian dilakukan pada hari Minggu yang mewakili hari libur dan hari Senin
yang mewakili hari kerja. Dalam memperoleh hasil yang akurat dan relevan,
penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berdasarkan data survei lapangan
serta perangkat lunak ZIN Macrosimulation untuk pemodelan. Hasil analisis
kondisi eksisting menunjukkan nilai derajat kejenuhan (DJ) Jalan Cendana
sebesar 0,73 dengan tingkat pelayanan pada kategori C yang menandakan kinerja
ruas jalan berada dalam kondisi arus stabil tetapi kecepatan dan pergerakan
kendaraan dikendalikan oleh volume lalu lintas yang lebih tinggi. Sedangkan
kecepatan tempuh kondisi eksisting sebesar 34,5 km/jam dan waktu tempuh yang
diperoleh 0,40 menit. Penelitian ini menggunakan skenario 1 yaitu perubahan
jam masuk sekolah SMA Negeri 05 Kota Bengkulu serta skenario 2
menggunakan nilai bangkitan dan tarikan SMA Negeri 05 dan SMK Negeri 01
Kota Bengkulu. Hasil analisis sensitivitas dalam skenario 1, diperoleh nilai DJ
Jalan Cendana mengalami penurunan menjadi 0,45 dengan tingkat pelayanan
pada kategori C yaitu arus stabil tetapi kecepatan dan pergerakan kendaraan
dikendalikan oleh volume lalu lintas yang lebih tinggi. Pada skenario 2, nilai DJ
Jalan Cendana sebesar 0,28 dalam kategori tingkat pelayanan B yaitu kondisi
arus stabil, terbatasnya kecepatan, dan volume masih sepadan terhadap jalan
kota. Berdasarkan penentuan indeks sensitvitas, rata – rata nilai indeks
sensitivitas DJ Jalan Cendana mengalami penurunan sebesar 0,38 dalam
skenario 1, dan 0,62 dalam skenario 2. Kecepatan tempuh pada skenario 1 dan
skenario 2 tidak mengalami perubahan kecepatan tempuh. Rata – rata nilai
indeks senstivitas parameter waktu tempuh skenario 1 dan skenario 2 pada Jalan
Cendana bernilai 0,03. Penelitian ini mengindikasikan bahwa pemodelan
menggunakan skenario 1 dan skenario 2 dapat dilakukan pada Jalan Cendana
dalam mengurangi kemacetan pada kondisi eksisting.
Keywords: Sensitivitas Kinerja Jalan, Volume Lalu Lintas, Pemodelan Jalan,
ZIN Macrosimulation

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:04
Last Modified: 22 Sep 2025 04:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25611

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200