Leony Br Nainggolan, Chintya and Ariefa, Primair Yani and Henny, Johan (2025) IMPLEMENTASI LKPD BERBASIS POE2WE (prediction, observation, explanation, elaboration, write, evaluation) PEMBUATAN TEMPE BERBAHAN DASAR KEDELAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKIPSI_Chintya Leony Br Nainggolan_A1M020012 - Chintya Leony.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasis POE2WE
terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 17 Kota Bengkulu pada materi
bioteknologi. LKPD berbasis POE2WE ini digunakan dalam pembelajaran
praktikum pembuatan tempe berbahan dasar kedelai. Metode yang digunakan
adalah quasi-eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control grup
design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX SMP Negeri 17 Kota
Bengkulu dengan sampel kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan IX E sebagai
kelas kontrol masing-masing berjumlah 29 orang. Data yang di ukur dalam
penelitian ini meliputi hasil prestest dan posttest untuk menilai kemampuan awal
dan peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Instrumen yang
digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang
disesuaikan dengan materi bioteknologi. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-
rata n-gain kelas eksperimen adalah 0,68, sedangkan kelas kontrol menunjukkan
rata-rata n-gain 0,53 berada di kategori sedang. Berdasarkan hasil perhitungan n-
gain, peningkatan hasil belajar siswa menggunakan LKPD berbasis POE2WE
dengan nilai rata-rata perjenjang taksonomi pada kelas eksperimen C1 (0,655), C2
(0,913), C3 (0,465), C4 (0,310). Pada kelas kontrol C1 (0,478), C2 (0,740), C3
(0,396), C4 (0,308). Hasil perhitungan uji-t pada thitung 4,156 dan ttabel 2,001
membanding thit > ttab (4,046 > 2,004) dengan taraf signifikan 5%. Ha diterima
dan Ho ditolak. Faktor utama peningkatan hasil belajar adalah keterlibatan aktif
siswa melalui langkah-langkah dalam POE2WE, seperti prediksi dan eksperimen
langsung, yang meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan analisis
siswa. Oleh karena itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa menggunakan LKPD berbasis
POE2WE.
Kata kunci : LKPD Berbasis POE2WE, Bioteknologi, Hasil Belajar, Praktikum
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Science Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:24 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 04:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25621 |