Putri, Harika Okta and I Wayan, Dharmayana and Adif, Jawadi Saputra (2025) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN KOMPETENSI SOSIAL-EMOSIONAL DENGAN TEKNIK ASERTIVITAS KOMUNIKASI UNTUK MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
HARIKA OKTA PUTRI_A1L020010_FULL - Harika Okta Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh layanan penguasaan konten
kompetensi sosial-emosional dengan teknik asertivitas komunikasi dalam
mereduksi kecanduaan game online pada siswa. Metode yang digunakan
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan two group pre-test post-test
control desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 13 Bengkulu Selatan berjumlah 35 siswa. Sampel penelitian berjumlah 35
siswa meliputi 18 siswa kelas VIIIB sebagai kelompok eksperimen dan 17 siswa
kelas VIIIA sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan teknik simple random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecanduan game
model skala Likert dengan tingkat reliabilitas sebelum item gugur yaitu sebesar
0,920 dan setelah item gugur nilai uji reliabilitas meningkat menjadi 0,946 yang
berarti instrumen angket kecanduan game online yang digunakan memiliki
reliabilitas yang baik. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecanduan game online pada siswa
sebelum diberikan layanan tersebut skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar
141,44 dan kelompok kontrol sebesar 141,06 dengan kategori tinggi. Sedangkan
setelah diberikan layanan skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 94,11
dengan katagori rendah dan kelompok kontrol sebesar 137,65 dengan kategori
tinggi. Hasil uji-t kelompok eksperimen sebesar 36,664 dan kelompok kontrol
sebesar 11,010 diketahui terdapat perbandingan antara kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol terhadap pemberian layanan penguasaan konten kompetensi
sosial-emosional, yang mana kelompok eksperimen lebih efektif daripada
kelompok kontrol. Hal ini menunjukan hasil penelitian ini terdapat pengaruh
layanan penguasaan konten kompetensi sosial-emosional dengan teknik asertifitas
komunikasi untuk mereduksi kecanduan game online pada siswa.
Kata Kunci: Game Online, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Asertivitas
Komunikasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:48 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25670 |