Purnamasari, Intan and Yessy, Elita and Adif, Jawadi Saputra (2025) PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DALAM MENCEGAH HOAKS PADA SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
INTAN PURNAMASARI_A1L020009_BK - Intan Purnamasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh bimbingan klasikal dengan
media film untuk meningkatkan literasi digital dalam mencegah hoaks pada siswa.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan
desain penelitian two group pre-test post-test control design. Populasi pada
penelitian ini yakni seluruh siswa SMP Negeri 06 Kota Bengkulu yang berjumlah
11 kelas. Subjek penelitian berjumlah 2 kelas meliputi 1 kelas eksperimen dan 1
kelas kontrol diambil dengan teknik simple random sampling.Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini adalah pretest dan posttest dengan menggunakan instrumen
tes berupa pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Teknik analisis data pada penelitian
ini adalah analisis deskriptif, analisis data, dan uji hipotesis menggunakan
Independent Samples t-test. Skripsi ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman
literasi digital dalam mencegah hoaks pada siswa sebelum diberikan bimbingan
klasikal dengan media film berada pada kategori rendah dan tingkat pemahaman
literasi digital dalam mencegah hoaks pada siswa sebelum diberikan bimbingan
klasikal dengan media powerpoint berada pada kategori sangat rendah. Kemudian
tingkat pemahaman literasi digital dalam mencegah hoaks pada siswa setelah
diberikan bimbingan klasikal dengan media film berada pada kategori tinggi
sedangkan tingkat pemahaman literasi digital dalam mencegah hoaks pada siswa
sebelum diberikan bimbingan klasikal dengan media powerpoint berada pada
kategori sedang. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pemahaman
literasi digital dalam mencegah hoaks pada siswa antara kelas yang menerima
bimbingan klasikal dengan media film dengan bimbingan klasikal dengan media
powerpoint. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan media film untuk meningkatkan
literasi digital dalam mencegah hoaks pada siswa.
Kata Kunci : Literasi Digital, Hoaks, Bimbingan Klasikal, Media Film
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:48 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25671 |