Saniya, Livia and Rita, Sinthia and Adif, Jawadi Saputra (2025) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER PADA SISWA SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI LIVIA SANIYA A1L020004 BK - Livia Saniya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendesksipsikan pengaruh layanan konseling kelompok
dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan kematangan karier pada
siswa SMA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan
Two Group Pre-Test Post-Tes Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X 4 SMA Negeri 01 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Sampel
penelitian berjumlah 10 siswa yang meliputi 5 siswa kelompok eksperimen dan 5
siswa kelompok kontrol diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket kematangan karier dengan model skala
Likert dan analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat kematangan karier pada siswa sebelum diberikan
layanan konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi dalam kategori rendah
dengan rata-rata 86,40 dan tingkat kematangan karier pada siswa sebelum diberikan
layanan konseling kelompok tanpa teknik restrukturisasi kognitif juga dalam
kategori rendah dengan rata-rata 87,40. Kemudian tingkat kematangan karier pada
siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi
kognitif dalam kategori tinggi dengan rata-rata 153,60 sedangkan tingkat
kematangan karier pada siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok tanpa
teknik restrukturisasi kognitif tergolong sedang dengan rata-rata 138,40. Hasil uji-
t Independent Sample Test menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kematangan
karier dengan nilai t 4,755 antara siswa yang menerima layanan konseling
kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif dan kematangan karier pada siswa
yang menerima layanan konseling kelompok tanpa teknik. Sedangkan hasil uji-t
Paired Sample Test menunjukkan tingkat kematangan karier pada kelompok
eksperimen sebesar -29,641 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar -9,983
dengan nilai peningkatan nilai t sebesar -20. Maka hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik
restrukturisasi kognitif meningkatkan kematangan karier pada siswa SMA dengan
nilai t.
Kata Kunci : Kematangan Karier, Layanan Konseling Kelompok, Teknik
Restrukturisasi Kognitif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:49 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25677 |