PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENCEGAH PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA

Lestari, Lidya Putri and Anni, Suprapti and Adif, Jawadi Saputra (2025) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENCEGAH PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Archive (SKRIPSI)
SKRIPSI_LIDYA PUTRI LESTARI_A1L020074_PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENCEGAH PERILAKU CYBERBULLYING (Recovered) - Lidya Putri lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membuktikan pengaruh bimbingan kelompok dengan
metode role playing untuk mencegah perilaku cyberbullying pada siswa.
Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan two group pre-test
post-tes control design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 18 Kota Bengkulu yang berjumlah 62 siswa. Sampel penelitian berjumlah
16 siswa yang meliputi 8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompok
kontrol diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket perilaku cyberbullying dengan model skala Likert, dan
analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perilaku cyberbullying pada siswa sebelum diberikan layanan bimbingan
kelompok dengan metode role playing dalam kategori sedang dan perilaku
cyberbullying pada siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa
metode role playing juga dalam kategori sedang, kemudian perilaku cyberbullying
pada siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode role
playing dalam kategori rendah sedangkan perilaku cyberbullying pada siswa
setelah diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa metode role playing
tergolong sedang. Hasil uji-t diketahui bahwa penurunan yang dihasilkan pada
kelompok eksperimen lebih besar dengan nilai 8.132 sedangkan pada kelompok
kontrol sebesar 4.056 yang menunjukkan terdapat perbedaan perilaku
cyberbullying antara siswa yang menerima bimbingan kelompok dengan metode
role playing dan perilaku cyberbullying pada siswa yang menerima bimbingan
kelompok tanpa metode. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh bimbingan kelompok dengan metode role playing mencegah perilaku
cyberbullying pada siswa.
Kata kunci : cyberbullying, bimbingan kelompok, metode role playing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:48
Last Modified: 22 Sep 2025 08:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25680

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200