Fabela, Trisna Nur and Elvinawati, Elvinawati and I Nyoman, Chandra (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI TRISNA NUR FABELA_A1F020011 - Trisna N Fabela.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think
pair share (TPS) terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode
kuasi eksperimen dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen XI IPA 1 yang
menerapkan model pembelajaran TPS dan kelas kontrol XI IPA 2 menggunakan model
pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil uji Independent t-
test yaitu kontrol sebesar 24,1360 dan kelas eksperimen sebesar 34,5501, serta dari
hasil uji Independent t-test yang memperoleh nilai Sig. (2-tailed) kurang dari α 0,05
yaitu 0,000. Hasil uji yang diperoleh menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata
aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)
dengan model pembelajaran konvesional (ceramah). Siswa yang belajar menggunakan
model pembelajaran TPS menunjukkan peningkatan aktivitas belajar yang lebih tinggi
terutama pada aktivitas visual activities dengan persentase 76%, listening activities dan
oral activities dengan persentase 70%, writing activities dan drawing activities dengan
persentase 84%. Nilai yang diperoleh dari hasil uji Effect Size dengan menggunakan
cohens’d yaitu sebesar 2,519. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Think
Pair Share (TPS) memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan aktivitas belajar
siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terbukti efektif
dalam memotivasi siswa SMAN 9 Kota Bengkulu untuk terlibat aktif dalam proses
pembelajaran.
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair
Share (TPS)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:38 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 02:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25733 |