EFEKTIVITAS PENGALAMAN PENGGUNA PADA SISTEM INFORMASI MODUL AJAR (SISMOJA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (STUDI KASUS: SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU)

HAMIDAH, HAMIDAH and Andang, Wijanarko and Desi, Andreswari (2025) EFEKTIVITAS PENGALAMAN PENGGUNA PADA SISTEM INFORMASI MODUL AJAR (SISMOJA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (STUDI KASUS: SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Hamidah_G1F019012_SKRIPSI_2025_FIXED - Sniprem Valid.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi Sistem
Informasi Modul Ajar (SISMOJA), sebuah platform berbasis web yang dirancang untuk
membantu guru menyusun, menyimpan, dan membagikan modul ajar secara digital.
SISMOJA dikembangkan menggunakan framework Laravel, dengan antarmuka pengguna
yang responsif menggunakan Bootstrap 5, serta database MySQL untuk manajemen data.
Sistem ini di-hosting pada server cloud untuk memastikan aksesibilitas 24/7.
Pengembangan sistem ini dilatarbelakangi oleh tantangan implementasi Kurikulum
Merdeka, khususnya dalam penyusunan Modul Ajar, yang sering kali memakan waktu dan
kurang efisien jika dilakukan secara manual menggunakan aplikasi konvensional seperti
Microsoft Word atau Excel.
Validitas sistem diuji melalui kuisioner validitas isi dengan hasil akurasi data
sebesar 91,18%, menunjukkan bahwa SISMOJA dapat menyediakan materi pembelajaran
yang berkualitas. Evaluasi User Experience (UEQ) menunjukkan bahwa SISMOJA
mendapat respons positif dari guru di SDN 69 Kota Bengkulu, terutama pada aspek Daya
Tarik, Stimulasi, dan Kebaruan. Namun, beberapa aspek seperti Kejelasan, Efisiensi, dan
Ketepatan masih perlu ditingkatkan. Hasil uji-z juga menunjukkan bahwa mayoritas guru
lebih memilih SISMOJA dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini
merekomendasikan peningkatan antarmuka, penambahan fitur, dan optimalisasi server
untuk meningkatkan efektivitas sistem. SISMOJA diharapkan dapat menjadi solusi praktis
untuk mendukung efisiensi perencanaan pembelajaran dan meningkatkan kualitas
pendidikan di Indonesia.
Kata kunci— Sistem Informasi Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, UEQ (User Experience
Questionnaire), Laravel, Efisiensi Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:38
Last Modified: 23 Sep 2025 02:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25746

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200