PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU

Veronica, Nurlia and Herman, Lusa and Feri, Noperman (2025) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI NURLIA VERONICA fixx. - Nurlia Veronica.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa dengan menggunakan Model Kooperatif Think Talk Write (TTW)
pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SD Negeri 60 Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus berisi tahapan perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 17 siswa
kelas III. Teknik penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian
tentang kegiatan guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 16,5 baik (C),
kemudian meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 22 baik (B). Pada
kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai dengan nilai rata-rata 17,5 baik (C),
kemudian meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 22 baik (B).
Penilaian capaian belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 71,76 dan
persentase ketuntasan belajar sebesar 76,47%, meningkat pada siklus II dengan
nilai rata-rata 80,58 dan persentase ketuntasan belajar 88,23%. Dapat disimpulkan
bahwa model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD kelas
II.
Kata Kunci:Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think
Talk Write, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:47
Last Modified: 24 Sep 2025 03:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25992

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200