TANGGUNG JAWAB PENYELENGGARA JASA TANGGUNG JAWAB PENYELENGGARA JASA FITNESS TERHADAP KONSUMEN BERDASARKAN PASAL 19 UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KOTA BENGKULU

AHMAD, SUNDARI and Wafiya, Wafiya and Edi, Hermansyah (2025) TANGGUNG JAWAB PENYELENGGARA JASA TANGGUNG JAWAB PENYELENGGARA JASA FITNESS TERHADAP KONSUMEN BERDASARKAN PASAL 19 UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of thesis] Text (thesis)
SKRIPSI AHMAD SUNDARI B1A019083 - Ahmad Sundari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang penting dan dapat dijaga dengan
berolahraga. Olahraga di Fitness Center menjadi pilihan untuk menjaga
kesehatan. Namun, sering kali terjadi banyak masalah yang dihadapi di fitness
center salah satunya yaitu cidera yang dialami konsumen. Penyelenggara jasa
fitness harus memberikan tanggung jawab terhadap konsumen guna
memperhatikan kenyamanan dan keselamatan mereka. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk menganalisis tanggung jawab penyelenggara jasa terhadap konsumen yang
dirugikan di fitness Kota Bengkulu berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum
Perdata dan untuk menganalisis pelaksanaan tanggung jawab penyelenggara jasa
fitness di Kota Bengkulu berdasarkan Pasal 19 Undang-Undang Perlindungan
Konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris.
Hasil penelitian tanggung jawab penyelenggara jasa terhadap konsumen
menunjukkan pelaku usaha hanya memberikan pertolongan pertama secara
terbatas, seperti pemberian obat luka dan balsam, serta pengantaran ke klinik atau
tukang urut tanpa menanggung biaya perawatan lebih lanjut. Selain itu, tidak
terdapat kompensasi berupa pengembalian dana atau pergantian jasa apabila
tujuan program latihan tidak tercapai. Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan Pasal
1365, 1366, dan 1367 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, yang mewajibkan
setiap orang untuk memberikan ganti rugi atas kerugian yang timbul akibat
kesalahan atau kelalaiannya, termasuk atas tindakan pihak yang berada di bawah
tanggung jawabnya. Pelaksanaan tanggung jawab pelaku usaha tersebut juga tidak
sesuai dengan Pasal 19 Undang-Undang Perlindungan Konsumen, yang mengatur
kewajiban pelaku usaha untuk memberikan ganti rugi berupa pengembalian uang,
penggantian jasa, atau perawatan kesehatan apabila terjadi kerugian akibat jasa
yang diberikan. Dengan demikian, pelaku usaha seharusnya bertanggung jawab
secara hukum atas kerugian yang dialami konsumen, baik berdasarkan
KUHPerdata maupun ketentuan Pasal 19 Undang-Undang Perlindungan
Konsumen.
Kata Kunci : Tanggung Jawab, Perlindungan Konsumen, Fitness Center,
Penyelenggara Jasa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:33
Last Modified: 25 Sep 2025 02:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26125

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200